Senin 09 Sep 2013 20:12 WIB

Kontrak Trapattoni Tak Diperpanjang?

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
 Giovanni Trapattoni
Foto: Reuters/Laszlo Balogh
Giovanni Trapattoni

REPUBLIKA.CO.ID, DUBLIN -- Kontrak pelatih Republik Irlandia, Giovanni Trapattoni sepertinya tidak diperpanjang. Kurang bersinarnya negara yang diasuhnya sejak 2008 itu di kualifikasi Piala Dunia 2014 membuat Federasi Sepak Bola Republik Irlandia (FAI) bakal mengambil langkah tegas.

Saat ini, Robbie Keane dan kawan-kawan hanya menduduki urutan kelima dengan torehan 11 poin. Mereka tertinggal delapan angka dari Jerman, selaku pemuncak klasemen Grup C Zona Eropa. 

Secara matematis, peluang the Boys in Green masih terbuka untuk memperebutkan tiket playoff dengan menduduki urutan kedua. Namun Republika Irlandia harus bersaing dengan Swedia dan Austria yang memiliki rekor lebih baik.

Melihat prestasi Republik Irlandia, FAI sangat sulit memperpanjang masa kerja sama dengan Trapattoni yang berakhir tahun depan. Dikutip Sportmole, Senin (9/9), Martin O’Neill diprediksi menjadi kandidat favorit pengganti Trapattoni.

Sebenarnya, karier pelatih asal Italia itu sudah ramai diperbincangkan setelah kegagalannya di Piala Eropa 2012. Republik Irlandia secara tragis tereliminasi dari babak grup setelah menelan tiga kekalahan.

Dipilihnya O’Neill lantaran pelatih berusia 61 tahun itu kini berstatus tidak terikat dengan pihak mana pun usai dipecat Sunderland pada Maret lalu. Melihat prestasi cemerlang O’Neill dalam menangani Glasgow Celtic, sangat mungkin FAI bakal memberikan kesempatan kepadanya.

Pelatih asal Kilrea, Irlandia Utara bakal mendapat tugas untuk mempersiapkan skuat Republik Irlandia untuk menyongsong Piala Eropa 2016 di Prancis. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement