Selasa 10 Sep 2013 15:57 WIB

Wow, Real Madrid Jadi Klub Terkaya di Dunia

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan
Real Madrid
Foto: Twitter
Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID,  MADRID — Majalah Forbes menahbiskan Real Madrid sebagai klub paling berharga di dunia. Berdasarkan kalkulasi pendapatan dan keuntungan pada musim 2012/2013, secara keseluruhan nilai klub mencapai 2,575 miliar euro atau sekitar Rp 38,67 triliun.

Angka itu mengalami peningkatkan 100 juta euro (Rp 1,5 triliun) dibanding pada April lalu.

 

Merujuk hasil laporan keuangan pada 2013, Madrid mengalami peningkatan pendapatan 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya. Klub yang dikomandoi Florentino Perez itu mampu meraup 520 juta euro (Rp 7,8 triliun) hanya dalam semusim.

Capaian itu menjadikan Madrid sebagai klub satu-satunya di dunia yang bisa mengumpulkan pendapatan melebihi 500 juta euro per musim.

 

Dilansir Marca, Selasa (10/9), capaian Los Blancos itu menempatkannya sebagai klub terkaya di dunia mengalahkan Manchester United. Peringkat ketiga diduduki Barcelona. The Red Devils memang belum mengumumkan laporan keuangan sepanjang musim lalu. Namun, diprediksi pendapatannya sekitar 418 juta euro (Rp 6,27 triliun).

 

Kedatangan Gareth Bale ke Santiago Bernabeu dari Tottenham Hotspur dengan banderol 100 juta euro dirasa tidak akan membebani Madrid. Mengacu pendapatan klub dari penjualan hak citra pemain maupun seragam klub, biasanya pengeluaran transfer bisa tertutupi dari item itu plus pemasukan tiket penonton.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement