Kamis 12 Sep 2013 16:00 WIB

Ozil Siap Membuat Debut di Arsenal

Mesut Oezil
Foto: laacib.net
Mesut Oezil

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Para penggemar Arsenal telah lama menantikan transfer pemain papan atas di musim panas dan ketika klub itu memecahkan rekor transfer dengan merekrut Mesut Ozil pada hari terakhir rehat internasional. Meski itu berarti mereka harus menunggu sedikit lebih lama untuk menyaksikan sang pemain baru mengenakan kostum "The Gunners."

Pemain internasional Jerman itu, yang dibeli dari Real Madrid dengan harga 42 juta pound, merupakan perolehan besar bagi pelatih Arsene Wenger dan setelah mencetak gol pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia saat melawan Kepulauan Faroe pada tengah pekan, Ozil siap melakukan debutnya di markas Sunderland pada Sabtu.

Klub timur laut Inggris itu lebih ramah daripada ibukota Kepulauan Faroe, Torshvan, yang berangin, namun demikian Ozil akan cepat belajar mengenai tuntutan fisik yang diperlukan di sepak bola Inggris saat melawan kesebelasan Sunderland yang memulai musim ini dengan penampilan kurang meyakinkan.

Ozil bukan satu-satunya pemain yang harus melakukan awal gemilang untuk klub baru ketika kompetisi domestik kembali bergulir setelah terpotong pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Marouane Fellaini berpeluang mengenakan kostum Manchester United untuk pertama kalinya, setelah didatangkan dengan biaya 27,5 juta pound dari Everton pada hari terakhir bursa transfer.

Seperti Arsenal, United juga tidak aktif di bursa transfer namun kehadiran gelandang Belgia Fellaini akan memberi David Moyes tambahan amunisi ketika mereka menjamu tim promosi Crystal Palace di Old Trafford. Sebelumnya United hanya meraih satu kemenangan dari tiga pertandingan pembuka di Liga Utama Inggris.

Everton akan memiliki Gareth Barry (yang dipinjam dari Manchester City) di tim mereka saat menghadapi Chelsea, meski penyerang Romelu Lukaku tidak akan melakukan debutnya karena peraturan-peraturan di Liga Utama Inggris melarang pemain-pemain pinjaman tampil melawan klub pemiliknya.

Bikin Bekrenyit

Kepergian Ozil dari Real Madrid setelah raksasa Spanyol itu memecahkan rekor transfer dunia dengan mendatangkan Gareth Bale dengan biaya 100 juta euro, membuat bekrenyit banyak orang di seluruh Eropa. Pemain Arsenal, Santi Cazorla, bahkan mengaku terkejut karena Ozil diizinkan pergi.

"Saya sangat gembira Ozil ada di sini. Ia merupakan pemain yang spektakuler dan kami beruntung bahwa kami akan belajar bersama dirinya," kata Cazorla kepada surat kabar Spanyol Marca pada pekan ini.

"Saya tidak mengerti (kenapa Real Madrid menjual dirinya), ia merupakan pemain yang unik. Anda akan harus bertanya kepada klub alasan-alasan mengapa mereka menjualnya, namun di saat yang sama ia berpikir dirinya tidak mendapatkan kesempatan-kesempatan yang layak ia dapatkan."

"Untungnya, ia datang ke kami."

Ozil mencatatkan lebih banyak assist daripada pemain mana pun di Eropa pada musim lalu. Ia juga memiliki kemampuan ajaib untuk membuka pertahanan-pertahanan lawan, yang akan sangat diperlukan para pemain depan Arsenal.

"Saya ingin mengembangkan diri dan saya tidak sabar mencoba gaya bermain di sini," kata Ozil mengenai tim barunya. "Arsenal dikenal dengan kekuatan teknik permainan mereka dan hasrat mereka untuk memainkan sepak bola menyerang. Saya pikir saya akan sangat cocok dengan itu"

Olivier Giroud memulai musim ini dengan baik bersama Arsenal, mencetak gol penentu kemenangan saat melawan Tottenham Hotspur di pertandingan terakhir jadwal Liga Utama Inggris. Hanya saja pelatih Arsene Wenger ingin  memiliki beberapa opsi penyerang lain.

Ia akan berharap Theo Walcott, yang cedera saat memperkuat Inggris di Ukraina pada Selasa, bisa pulih saat timnya melakukan lawatan ke Sunderland yang baru meraih satu angka dari tiga pertandingan pertama mereka.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement