Ahad 15 Sep 2013 08:40 WIB

Surat Kerinduan Del Piero untuk Buffon

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Didi Purwadi
Alessandro Del Piero
Foto: AP/Rob Griffith
Alessandro Del Piero

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Terpisah jarak ribuan mil tak membuat persahabatan Alessandro Del Piero dan Gianluigi Buffon luntur. Saat Gigi, panggilan akrab Buffon, tengah mengukir sejarah, Del Piero tak mau ketinggalan mengucapkan selamat melalui surat terbuka.

"Untuk Gigi, ini hanya sedikit kata untuk merayakan sebuah target besar yang akan kau capai malam ini; 136 caps untuk Italia. Kamu telah menyamai rekor teman kita, Fabio Cannavaro, kapten kita di Piala Dunia," tulis Del Piero dalam blog pribadinya.

Buffon menorehkan sejarah ketika membela Azzurri menghadapi Republik Ceska di kualifikasi Piala Dunia 2014 pada Rabu (11/9). Dengan penampilannya itu, Buffon menyamai rekor penampilan terbanyak timnas Italia yang dipegang Fabio Cannavaro (136 caps) serta melampaui Paolo Maldini (126 caps).

Buffon berpotensi besar melampaui rekor tersebut karena masih dipercaya sebagai kiper utama Azzurri di bawah asuhan pelatih Cesare Prandelli.

Buffon dan Del Piero merupakan rekan setim di Juventus sejak dekade awal 2000-an hingga 2012 lalu. Saat ini, Buffon masih aktif di skuat Si Nyonya Tua, sedangkan Del Piero bermain untuk klub Australia, Sydney FC.

Buffon menggantikan Del Piero sebagai kapten sekaligus simbol Juventus. Selama bahu membahu di Juventus, kedua pemain berhasil menyabet sederet trofi. Di kompetisi domestik, mereka memenangi Serie A dan Piala Super Italia masing-masing tiga kali.

Mereka tak terpisahkan ketika Juventus terdegradasi ke Serie B pada 2006.

"Kita telah berbagi banyak hal, kadang menyakitkan, tapi lebih sering penuh suka. Saya merindukan kenangan kita baik di juventus maupun di tim nasional," imbuh Del Piero yang kini telah menginjak usia 38 tahun.

Terakhir, Del Piero mengungkapkan kebanggaannya melihat Buffon dipercaya sebagai kapten Italia. "Semoga keburuntungan selalu menyertaimu dan rekan-rekan timnas di kualifikasi Brasil 2014," tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement