Rabu 18 Sep 2013 17:08 WIB

Pelatih Myanmar: Indonesia Favorit Kalahkan Malaysia

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
Timnas Indonesia U-19
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nz/13
Timnas Indonesia U-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional Indonesia U-19 akan melakoni laga krusial melawan Malaysia pada laga pamungkas Grup B Piala AFF U-19 2013 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo,  malam ini. Pertandingan ini akan menjadi penentu siapa yang berhak melaju ke semifinal, apakah Indonesia ataukah Malaysia.

Pelatih timnas U-19 Myanmar, Gerd Zeise, mencoba memberikan prediksinya. Ia mengaku lebih menjagokan Indonesia sebagai tim yang akan keluar sebagai pemenang.

"Saya pikir, Indonesia berada dalam posisi favorit," kata Gerd  Zeise ketika berbincang dengan Republika di kantor PSSI, kemarin petang. Kemarin, Zeise memang sempat menyambangi Jakarta untuk bersilaturahmi dengan pengurus PSSI dan awak media di Jakarta.

Berdasarkan pengamatannya, Indonesia pantas diunggulkan. Pasalnya, skuat Garuda Jaya memiliki pemain yang memiliki kemampuan individu mumpuni. Para pemain sayap Indonesia pun memiliki kecepatan dan sangat merepotkan barisan pertahanan lawan.

Zeise cukup yakin Indonesia bisa memetik kemenangan asalkan bisa meminimalisir permainan bola-bola panjang. 

"Harus sabar memainkan bola dari kaki ke kaki.  Jangan terlalu sering melepas bola dari belakang langsung ke depan. Karena itu akan sia-sia bila peluangnya memang tidak terlalu bagus," Zeise mengatakan.

Pernyataan Zeise itu memang bukan tanpa alasan. Indonesia harus menelan kekalahan 1-2 atas Vietnam pada laga ketiga gara-gara Evan Dimas cs tak sabar dalam memainkan bola. Para pemain kerap memainkan bola-bola panjang ketika menemui kebuntuan ataupun ketika mendapat tekanan dari Vietnam.

Hal itu pun yang sebelumnya menjadi evaluasi penting pelatih timnas U-19 Indra Sjafri setelah anak-anak asuhnya menerima kekalahan perdana. Hasilnya, Indonesia berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 3-1 pada laga terakhir. Permainan Indonesia terlihat impresif ketika lebih sabar dalam memainkan bola dari kaki ke kaki.

Indonesia kini menempati peringkat dua Grup B dengan torehan sembilan poin, hasil tiga kemenangan dan satu kali kalah. Indonesia unggul dua poin dari Malaysia yang menempati peringkat tiga.

Dengan perolehan tersebut,  Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk mendepak Malaysia dari ajang ini. Satu poin sudah cukup bagi Indonesia guna melaju ke semifinal menemani Vietnam yang lebih dulu memastikan langkah usai menjadi juara Grup B.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement