Jumat 20 Sep 2013 08:33 WIB

Mengintip Kekuatan Timor Leste, Lawan Timnas U-19

Para pemain Timnas Timor Leste U-19
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ed/pd/13
Para pemain Timnas Timor Leste U-19

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Siapa yang tidak mengenal nama Timor Leste? Negara ini dulu lebih dikenal dengan nama Timor Timur saat masih menjadi bagian dari Indonesia. Tahun 1999, Timor Leste memisahkan diri untuk menjadi negara merdeka.

Akan tetapi siapa mengenal mereka di dunia sepak bola? Selama bertahun-tahun tidak ada yang tahu jika negara tersebut memiliki tim nasional sepak bola sendiri. Sampai kemudian di ajang Piala AFF U-19 yang digelar di Jawa Timur 9-22 September ini tim U-19 negara tersebut menembus semi-final untuk menantang tuan rumah Indonesia.

Kiprah mereka dimulai ketika skuat yang dilatih Norio Tsukitate itu menahan imbang Singapura 1-1 di laga pertama penyisihan Grup A. Saat itu mereka mengejutkan Singapura saat berhasil mencetak gol saat laga baru berlangsung dua menit lewat Marcos Gusmao. Singapura hanya mampu membalas lewat titik putih di menit ke-26.

Di pertandingan kedua, tim berjuluk The Little Samba itu mulai unjuk gigi. Kamboja pun mereka kalahkan dengan skor 3-1 lewat dua gol bek Adelino Trindade dan Frangcyatma Alves. Kemenangan yang membawa mereka menyamai poin Singapura di posisi kedua Grup A. Sampai di sini, belum banyak yang memprediksi tim itu akan lolos ke semi-final.

Publik baru membuka mata lebar-lebar saat Timor Leste kemudian mengalahkan Laos 3-1 di pertandingan ketiga. Gol Laos di babak pertama langsung dibalas skuat Tsukitate dengan berondongan tiga gol di babak kedua lewat Alves dan Januario Jesus.

Kejutan mereka pun menjadi sempurna saat di laga terakhir mereka kembali menaklukkan salah satu tim favorit, Filipina dengan skor 2-1. Gol-gol Carlos Magno dan Jose Almeida di babak pertama hanya mampu dibalas striker The Young Azkals Junell Bautista di babak kedua.

Timor Leste pun menjadi juara grup sekaligus menyingkirkan dua tim kuat di fase ini, Singapura dan Filipina. Tim itu pun seolah menggapai ambisinya menantang tim tuan rumah yang berasal dari negara yang pernah menguasai negara mereka, Indonesia.

Bagi sejumlah pemain timnas seperti Maldini Pali, skuat Timor Leste saat ini tentunya sudah tak asing. Pada tahun 2010 lalu, Maldini dkk pernah takluk 0-2 di perebutan juara ketiga ASEAN Football Federation U-16 Championship 2010 yang digelar di Stadion Manahan Solo.

Saat itu lewat permainan yang disebut-sebut sebagai Jogo Bonito, anak-anak Timor Leste seolah 'mengajari' tim Indonesia cara bermain sepak bola. Meskipun banyak perubahan pada tim yang saat itu mengisi skuat Timor Leste maupun Indonesia, skuat Indra Sjafri tentunya harus mewaspadai jenis permainan ala Brasil seperti itu.

Indra pun mengaku sudah mengantongi kekuatan tim yang akan dihadapinya, Jumat (20/9) sore nanti tersebut di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. Ia berjanji akan mewaspadai sikap pantang menyerah yang telah ditunjukkan skuat Tsukitate di penyisihan grup.

Semoga saja hari ini, Timnas U-19 kembali meraih kemenangan. Tentunya tidak ada pecinta sepak bola Tanah Air yang berharap Timor Leste mempermalukan skuat Garuda Muda di kandang sendiri

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement