Sabtu 21 Sep 2013 20:47 WIB

Hadapi Stoke City, Wenger Yakin Ramsey Bisa Atasi Trauma

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Mansyur Faqih
Aaron Ramsey
Foto: AP/Sang Tan
Aaron Ramsey

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Penampilan Aaron Ramsey di awal musim ini telah menunjukkan perkembangan yang semakin membaik. Gelandang berusia 22 tahun tersebut telah mengatasi cedera patah kaki yang dideritanya ketika berduel dengan bek Stoke City Ryan Shawcross pada 2010. 

Ketika itu, Ramsey terpaksa harus beristirahat selama hampir satu tahun dan melepas predikat sebagai pemain kunci bagi the Gunners. Tiga tahun telah berlalu sejak kejadian itu, dan pada Ahad (22/9) mendatang Arsenal akan kembali menjamu Stoke City di Emirates Stadium. Tidak menutup kemungkinan Ramsey bakal berduel lagi dengan Shawcross dan dapat membawa kembali kenangan buruk dari kejadian tiga tahun silam.

Manajer Arsenal Arsene Wenger tak khawatir dengan hal tersebut dan optimistis Ramsey telah 100 persen pulih secara mental dan fisik dari cederanya. Menurut pelatih kelahiran Prancis tersebut, Ramsey memiliki semangat yang besar dan obsesi untuk menjadi pemain yang lebih baik.

"Setelah cedera, permainannya memang sempat naik turun dan cedera itu sangat berpengaruh ke psikologisnya," ujar Wenger dilansir BBC Sport, Sabtu (21/9).

Cukup sulit bagi Wenger untuk mengembalikan rasa percaya diri Ramsey seutuhnya. Tak jarang bahkan gelandang kelahiran Wales itu diberikan waktu istirahat untuk membangun kembali motivasinya. Butuh waktu cukup lama bagi Ramsey untuk mengembalikan mental dan kepercayaan dirinya di lapangan. 

Menurut Wenger, pertengahan musim lalu merupakan masa-masa sulit bagi Ramsey. Dia sempat kehilangan motivasi serta rasa percaya diri sehingga membuat penampilannya buruk. 

Ramsey sempat dipinjamkan ke Nottingham Forest pada 2010/2011 dan Cardiff City pada 2011. Di kedua klub tersebut, permainan Ramsey memburuk dan tercatat hanya menciptakan satu gol. Setelah comeback dari cedera, Ramsey yang dikenal memiliki serangan mumpuni cenderung bermain sangat hati-hati dan lambat. 

Namun, menurut Wenger, cobaan ini justru membuat mental gelandangnya tersebut semakin bertambah kuat. Dia melihat kepercayaan diri Ramsey telah kembali 100 persen menjelang akhir musim lalu. Permainannya pun semakin meningkat di awal musim ini dengan mencetak enam gol dalam tujuh pertandingan.

"Saya yakin bahwa setiap pemain yang bisa melewati ujian dapat kembali dengan mental yang lebih kuat, dan ini akan memberikan hikmah positif dalam karir dia," kata Wenger.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Arsenal Arsenal 0 0 0 0 0 0 0
2 Aston Villa Aston Villa 0 0 0 0 0 0 0
3 Chelsea Chelsea 0 0 0 0 0 0 0
4 Everton Everton 0 0 0 0 0 0 0
5 Fulham Fulham 0 0 0 0 0 0 0

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement