Senin 23 Sep 2013 08:00 WIB

Indra Sjafri Hanya Siapkan Lima Eksekutor Penalti

Pemain Indonesia mengangkat piala dalam pertandingan Final Piala AFF U19 di Stadion Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9). (Republika/Edwin Dwi Putranto)
Pemain Indonesia mengangkat piala dalam pertandingan Final Piala AFF U19 di Stadion Deltra Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9). (Republika/Edwin Dwi Putranto)

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Timnas U19 Indonesia sukses menjuarai Piala AFF U19 2013 usai mengalahkan Vietnam 7-6 lewat drama adu penalti dalam laga final di Stadion Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Ahad (22/9) malam.

Pelatih Timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri, mengaku malam itu dia hanya menyiapkan lima penggawa sebagai eksekutor penalti.

"Kita hanya menyiapkan 5 penendang,'' kata Indra seperti dikutip situs Ligaindonesia. ''Untuk sisanya, kita faktor kesiapan mereka." Keputusan Indra menunjuk Ilham sebagai eksekutor terakhir pun berbuah gelar untuk Garuda Muda.

Eksekutor pertama Vietnam, Lee Van Song, berhasil meengecoh Ravi Murdianto. Sedangkan, Faturochman juga berhasil menjalankan eksekusinya dengan baik.

Namun, pada eksekusi kedua, Ravi tidak tertipu. Kiper yang tampil gemilang selama 90 menit itu sukses menepis sepakan ke arah pojok kanan bawah Trang Hu Dong. Sayang, upaya untuk unggul sirna setelah tendangan Evan Dimas Darmono juga terbaca oleh kiper Vietnam, Lee Van Truong.

Vietnam akhirnya bisa unggul di eksekusi penalti ketiga. Van Tanh Tung berhasil mencetak gol, namun Zulfiandi gagal menjalankan tugasnya. Indonesia tertinggal.

Tapi, asa terbuka di eksekusi ke empat. Tendangan kapten Vietnam, Xuan Troang, melayang di atas mistar. Sedangkan, Dimas Drajat masuk. Eksekusi lalu berlanjut sampai penendang kelima sampai kedelapan karena kesemuanya bisa melakukan tendangan penalti dengan sempurna.

Kemenangan Indonesia akhirnya ditentukan lewat penendang kesembilan. Ravi mampu menepis tendangan Nguyen Phong. Lalu, keberhasilan itu dipastikan setelah Ilham Udin Armain mencetak gol ke pojok kanan gawang Vietnam. Gol Ilham tersebut memastikan Indonesia menang 7-6 via adu penalti.

Klasemen Liga 1 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement