Ahad 29 Sep 2013 07:30 WIB

Sering Kebobolan, Vermeer Terancam

Rep: Umi Lailatul Ahdiyah/ Red: Didi Purwadi
Kenneth Vermeer
Foto: EPA/Koen Van Weel
Kenneth Vermeer

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Karier Kenneth Vermeer bersama Ajax Amsterdam sepertinya sudah mulai terancam. Vermeer sudah semakin tidak dipercaya untuk menjaga gawang Ajax Amsterdam.

Jumlah gol yang bersarang ke gawangnya dinilai sebagian besar pihak sudah tidak wajar karena terlalu banyak. Vermeer tercatat sudah kebobolan sebanyak 17 kali baik di ajang Liga Champions, liga Eredivisie dan Johan Cruyff Schaal musim ini.

Parahnya, dari 17 gol tersebut, delapan diantaranya terjadi dalam dua pertandingan terakhir Ajax. Usai gawangnya dibobol Barcelona di ajang Liga Champions, Vermeer kembali harus menanggung malu kala gawangnya harus dibobol sebanyak empat kali oleh klub seteru Ajax, PSV.

Kondisi ini pun dinilai sebagian pihak sebagai sesuatu yang fatal. Kredibilitas Vermeer sebagai kiper nomor satu Ajax pun kini mulai diragukan.

Sebanyak 78 persen dari 10 ribu peserta polling di forum situs de Telegraaf ''Sport Day Conversation'' lebih memilih Jasper Cillessen untuk menjadi kiper nomor satu Ajax. Mereka ingin Jasper diberi ruang untuk menunjukkan kehebatannya sebagai calon kiper nomor satu Ajax.

Hal senada juga didengungkan oleh mantan kiper Ajax, Piet Schrijvers. Ia menilai peforma Cillessen jauh lebih ketimbang Vermeer. ''Saya sudah mengatakan itu sejak lama,'' kata Piet.

Menurut Piet, Vermer sering melakukan blunder hampir di setiap pertandingan. ''Karena itulah, ini waktu yang tepat untuk melakukan pertukaran kiper,'' katanya.

Cillessen sendiri memang kurang mendapat kesempatan dipasang sebagai starter oleh sang pelatih Frank de Boer pada musim ini. Hingga pekan ketujuh Liga Eredivisie 2013/2014, Cillessen baru dimainkan pada laga Ajax kontra AZ Alkmaar pada babak kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement