Ahad 29 Sep 2013 13:14 WIB

Alasan Timnas U-19 Harus Main di SUGBK

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: A.Syalaby Ichsan
Timnas Indonesia U-19
Foto: ligaindonesia.co.id
Timnas Indonesia U-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Tingginya antusiasme suporter untuk mendukung tim nasional U-19 membuat PSSI mengubah lokasi penyelenggaraan Pra-Piala Asia U-19 2014.  Indonesia yang menjadi tuan rumah pertandingan kualifikasi Grup G akhirnya memilih Stadion Gelora Bung Karno.

Tadinya, laga-laga di fase Grup G bakal digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, stadion yang sebelumnya dipakai untuk pertandingan Piala AFF U-19 2013. 

Sekretaris Badan Tim Nasional Sefdin Syaifuddin mengatakan pemindahan ini dilakukan dengan alasan kapasitas stadion. Stadion Gelora Delta Sidoarjo hanya berkapasitas 30.840 penonton, sementara GBK dua kali lipat lebih besar, yakni mencapai 80 ribu kursi.  

"Stadion Gelora Delta Sidoarjo tidak cukup menampung jumlah penonton yang hadir mendukung timnas U-19 berlaga. Fakta itu menyebabkan beberapa masalah di luar lapangan," kata Sefdin melalui rilis kepada wartawan. 

Para suporter memang selalu memadati stadion sejak skuat Garuda Jaya mengawali pertandingan Piala AFF melawan Brunei Darussalam. Puncaknya ketika melakoni partai final melawan Vietnam, 22 September di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. 

Kericuhan sempat terjadi gara-gara banyak suporter yang kehabisan tiket. Mereka membakar loket tiket penjualan yang berada di sisi utara. Bahkan kericuhan juga terjadi ketika pertandingan sedang berlangsung.

Suporter yang tidak dapat masuk ke stadion karena tak punya tiket, merobohkan layar besar yang didirikan panitia.  Pihak kepolisian pun akhirnya menyemprotkan gas air mata untuk meredam kericuhan. "Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, venue kami pindahkan ke SUGBK," lanjut Sefdin.

Evan Dimas dan kawa-kawan akan memulai perjuangan pada fase kualifikasi Grup G dengan melawan Laos pada Selasa (8/10). Dan secara berurutan dengan jeda satu hari, Indonesia akan bertanding melawan Filipina dan Korea Selatan.

Stadion : Gelora Bung Karno 

Selasa, 8 Oktober 

Korea Selatan vs Filipina 15.30 WIB

Indonesia vs Laos 19.30 WIB

Kamis, 10 Oktober 

Laos vs Korea Selatan 15.30 WIB

Filipina vs Indonesia 19.30 WIB

Sabtu, 12 Oktober 

Laos vs Filipina 15.30 WIB

Korea Selatan vs Indonesia 19.30 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement