Rabu 02 Oct 2013 22:34 WIB

Soal Unifikasi Liga, Semen Padang Dapat Perlakuan Khusus

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Djoko Driyono
Foto: Antara
Djoko Driyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semen Padang mendapat perlakuan khusus dari PSSI terkait unifikasi liga untuk klub Indonesia Premiere League (IPL). Tim berjuluk Kabau Sirah hanya perlu melakukan tahap tahap verifikasi untuk tampil di kompetisi kasta tertinggi musim depan.

Hal tersebut diketahui setelah digelarnya pertemuan antara PSSI dengan klub-klub LPI di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10). Pertemuan tersebut menghasilkan dua opsi terkait format baru yang akan diterapkan PSSI untuk kompetisi IPL.

Sekjen PSSI Joko Driyono menjelaskan, opsi pertama yakni kompetisi IPL tidak dilanjutkan. PSSI akan langsung melakukan verifikasi terhadap klub yang saat ini menempati peringkat empat besar LPI. 

Jika opsi ini yang kemudian dipilih, maka Semen Padang bersama Pro Duta, Perseman Manokwari, dan Persiba Bantul memiliki peluang besar untuk meraih tiket unifikasi. "Asalkan mereka lolos verifikasi," kata Joko. 

Opsi kedua yakni dengan melakukan play-off. Namun Semen Padang tidak perlu mengikuti play-off ini karena mendapat wild card dari PSSI. Artinya, Semen Padang sudah memijakkan satu kakinya ke unifikasi liga dan tinggal menempuh proses verifikasi. Dengan begitu, play-off akan diikuti oleh 10 klub. 

Sementara lima klub lainnya yakni Persebaya 1927, Arema Indonesia, Persibo Bojonegoro, Persija LPI, Persema Malang dipastikan tidak ikut serta. Persebaya dan Arema tidak diikutsertakan dengan karena keanggotaannya tidak lagi diakui PSSI. Sementara Persibo, Persija, Persibo, dan Persema harus gigit jari menyusul adanya sanksi diskualifikasi lantaran kerap melakukan aksi Walkover (WO). 

Play-off dilakukan dengan membagi 10 klub ke dua grup. Tiga klub terbaik dari masing-masing grup kemudian akan menempuh proses verifikasi untuk meraih tiket unifikasi. Namun tetap hanya empat klub IPL yang nantinya akan meraih tiket unifikasi.

Ini sesuai keputusan kongres luar biasa 17 Maret 2013 yang memutuskan, hanya ada empat klub IPL yang berhak ikut unfikasi liga. "Jadi play-off ini akan mencari enam klub terbaik (kecuali Semen Padang yang mendapatkan wild card). Jadi tinggal menentukan empat klub yang memiliki nilai tertinggi melalui verifikasi ," ujar Joko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement