Selasa 08 Oct 2013 14:51 WIB

Gustavo Poyet, Pelatih Baru Sunderland

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Yudha Manggala P Putra
Gustavo Poyet
Foto: thetacticianblog.com
Gustavo Poyet

REPUBLIKA.CO.ID, SUNDERLAND -- Pihak manajemen Sunderland akhirnya resmi menunjuk Gustavo Poyet sebagai pelatih pengganti Paolo Di Canio. 

Dilansir Dailymail, Selasa (8/10), Poyet sepakat untuk menukangi klub yang diawaki John O'Shea dan kawan-kawan.

Mantan pelatih Brighton and Hove Albion itu rencananya akan menandantangani kontrak berdurasi selama tiga tahun bersama Sunderland.  Rencananya, Poyet akan diperkenalkan kepada publik pada Rabu (9/10) waktu setempat.

Sebenarnya, Poyet merupakan pilihan utama Direktur Sepak Bola Sunderland, Roberto De Fanti, ketimbang Paolo Di Canio untuk menggantikan Martin O'Neil pada delapan bulan lalu. Namun saat itu, pihak manajemen the Black Cats enggan membayar kompensasi kepada Brighton and Hove Albion.

Maklum saat itu, pelatih berusia 45 tahun itu masih menjadi pelatih tim kontestan divisi Championship tersebut.

Kendati begitu, kiprah Poyet bersama Brighton pun akhirnya berakhir pada Juli 2013. Pihak Brighton memilih untuk memecat pelatih asal Uruguay tersebut, usai berkiprah selama empat tahun di Brighton. Namun, kondisi ini tidak serta merta langsung membuat Poyet ditunjuk sebagai pengganti Di Canio.

Kabarnya, pemilik Sunderland, Ellis Short, masih ingin melihat pilihan-pilihan kandidat yang tepat untuk membesut Sunderland. Selain Poyet, nama mantan pelatih Chelsea, Roberto Di Matteo, dan mantan pelatih Stoke City, Tonny Pullis, dan mantan pelatih timnas Inggris, Steve McClaren, sempat masuk ke daftar kandidat pelatih Sunderland.

Namun, setelah dua pekan memberikan kewenangan pelatih kepala Sunderland kepada pelatih tim muda Sunderland, Kevin Ball, pihak manajemen the Black Cats akhirnya memilih Poyet sebagai pelatih utama. Kabarnya, Ball akan kembali menjadi pelatih tim junior Sunderland.

Kedatangan Poyet ini pun diharapkan bisa mendongkrak prestasi John O'Shea dan kawan-kawan. Hingga pekan ketujuh Liga Primer Inggris, Sunderland belum pernah merasakan kemenangan sama sekali. Hanya bisa mengumpulkan satu poin dari tujuh laga, the Black Cats terpuruk di dasar klasemen sementara.

Swansea City akan menjadi lawan perdana Sunderland di bawah kendali Poyet, Sabtu (19/10) mendatang. Kemudian pada Ahad (27/10), Sunderland akan menerima lawatan Newcastle United.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement