Selasa 08 Oct 2013 16:54 WIB

Hadapi Mesir, Ghana Tanpa Boateng

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Kevin-Prince Boateng
Foto: Reuters/Albert Gea
Kevin-Prince Boateng

REPUBLIKA.CO.ID, ACCRA  -- Ghana mendapat kabar buruk terkait kesiapan skuatnya jelang leg pertama babak play off Piala Dunia 2014 zona Afrika, kontra Mesir, Selasa (15/10). Gelandang andalan the Black Stars, Kevin Prince Boateng, harus dicoret dari daftar skuat Ghana lantaran mengalami cedera lutut kiri.

Mantan gelandang AC Milan itu mengalami cedera kala Schalke 04 mengalahkan Augsburg 4-1 di laga lanjutan Bundesliga, akhir pekan lalu. Dalam laga itu, Boateng, yang mampu mencetak dua gol, harus mengakhiri laga lebih awal lantaran menderita cedera di lutut kirinya. Gelandang berusia 26 tahun itu mesti ditarik keluar pada menit ke-65 dan digantikan oleh Meyer.

Kabar ini tentu menjadi kabar buruk buat Ghana lantaran Boateng dianggap sebagai pemain andalan. Terlebih, laga kontra Mesir akan menjadi fase terakhir dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2014. Pemenang dari laga, yang digelar dalam format kandang-tandang itu, berhak mewakili Afrika di Brasil 2014.

Boateng menjadi pemain keempat yang harus dicoret dari skud Ghana. Sebelumnya, Ghana juga kehilangan Rabiu Mohammed, John Boye, dan Jonathan Mensah, yang juga tengah didera cedera.

Kondisi terakhir Boateng ini pun diungkapkan oleh Direktur Olah Raga Schalke 04, Horst Heldt. Menurutnya, Boateng kemungkinan besar bakal absen buat timnas Ghana. "Saya khawatir, Boateng tidak bisa memenuhi panggilan bermain untuk timnas Ghana," kata Heldt seperti dikutip Ghanasoccernet, Selasa (8/10).

Namun, gelandang yang sukses mengantarkan Ghana melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2010 itu sudah diharapkan bisa fit. Yaitu, kala Ghana melawat ke Kairo, dalam laga leg kedua.

Sebelumnya, Boateng juga harus absen dari skuad Ghana di laga terakhir fase grup babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Afrika ketika berhadapan dengan Zambia. Saat itu, Boateng mengalami cedera yang didapatnya kala menjalani pemusatan latihan di Accra, Ibu Kota Ghana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement