Rabu 09 Oct 2013 13:35 WIB

Bellamy Pensiun dari Timnas Wales

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Craig Bellamy
Craig Bellamy

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF CITY -- Penyerang veteran Wales, Craig Bellamy mengumumkan rencana pensiun dari timnas. Penyerang berusia 34 tahun itu akan gantung sepatu dari timnas usai gelaran babak kualifikasi Piala Dunia 2014. 

Secara matematis, Wales memang tidak mungkin untuk bisa berlaga di Brasil 2014. Bersama Belgia dan Serbia, Wales berada di posisi juru kunci klasemen grup A babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa. Tim besutan Chris Coleman itu hanya mampu meraih enam poin dari delapan laga.

Di dua laga terakhir, Wales akan berhadapan dengan Macedonia dan Belgia. Namun, Bellamy tak akan lagi memperkuat Wales usai dua laga kualifikasi tersebut. 

"Banyak pemain yang datang dan pergi di skuat ini. Karier saya pun begitu, datang dan akan segera menghilang. Saya harus memberikan yang terbaik buat timnas, dan skuat ini memiliki masa depan. Saya tidak akan berpartisipasi di babak kualifikasi selanjutnya," kata Bellamy seperti dikutip BBC, Rabu (9/10).

Kendati sudah dipastikan gagal berlaga di Brasil 2014, tapi Bellamy yakin dengan skuat Wales saat ini yang dihuni banyak pemain muda. The Dragons juga dapat menembus putaran final Piala Eropa 2016. Bellamy pun memberikan dukungan terhadap pelatih Wales, Chris Coleman.

"Mereka jelas memiliki peluang lebih besar untuk lolos, dan saya harus bisa undur diri," tutur penyerang Cardiff City tersebut. 

Selama 15 tahun, Bellamy telah mengemas 76 caps dan sukses mencetak 19 gol. Catatan ini mengantarkan Bellamy duduk sebagai peringkat ketiga pengoleksi caps terbanyak di timnas Wales. Dia juga menduduki tempat kelima di pencetak gol terbanyak buat the Dragons.

"Saya bersyukur atas semua partai yang saya mainkan bersama timnas. Sebuah kebanggaan bisa memperkuat negara di semua level usia," tutur eks striker Coventry City itu.

Bellamy memulai debutnya bersama tim senior Wales saat masih berusia 18 tahun. Tepatnya kala Wales berhadapan dengan Jamaica di sebuah laga persahabatan, Maret 1998 silam. Gol internasional pertamanya datang pada dua bulan kemudian, kala Wales menang atas Malta, di babak kualifikasi Piala Eropa 2000. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement