Rabu 09 Oct 2013 14:33 WIB

Van der Wiel Dicoret dari Skuat Oranje

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Gregory van der Wiel
Foto: AP
Gregory van der Wiel

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Bek kanan Paris Saint Germain, Gregory van der Wiel agaknya harus kembali menunda keinginannya untuk memperkuat timnas Belanda. Sempat bergabung bersama timnas, bek berusia 25 tahun itu harus kembali ke Paris Saint Germain lantaran dianggap tidak cukup fit untuk memperkuat tim Oranje di dua laga terakhir grup D babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Eropa.

Mantan bek kanan Ajax Amsterdam itu memang sempat dimasukan ke dalam skuat Belanda oleh pelatih Louis Van Gaal. Namun usai bergabung dan menjalani pemeriksaan oleh tim medis timnas Belanda, Van der Wiel dianggap tidak fit dan harus kembali menjalani perawatan terkait cedera cronic tendonitis di lutut kanannya.

Van der Wiel pun akhirnya kembali ke Paris dan menjalani perawatan bersama Les Parisien. "Setelah terbang ke Amsterdam dan kembali lagi, bek Paris Saint Germain, Gregory van der Wiel, langsung kembali ke Pusat Latihan Ooredoo. Dia akan menerima perawatan di pusat medis klub selama jeda internasional," tulis pernyataan resmi PSG, seperti dikutip Soccerway, Rabu (9/10).

Van der Wiel bakal absen dari timnas Belanda, kala Robin van Persie dan kawan-kawan melakoni dua laga terakhir grup D, kontra Hungaria, Jumat (11/10). Serta saat melawan Turki, Selasa (15/10). Padahal, ini merupakan panggilan yang pertama kali diterima Van der Wiel sejak timnas Belanda dibesut Louis Van Gaal pada 2012.

"Dia telah bermain di level tertinggi klub Eropa, Liga Champions dan dia bermain cukup baik. Jadi pemanggilan itu hal yang cukup masuk akal buat saya," ungkap Van Gaal, beberapa waktu lalu, seperti dikutip Four Four Two. 

Van Gaal juga telah mencoret gelandang Jonathan de Guzman dan Stijn Schaars. Kedua gelandang ini mengalami cedera dan telah dikembali ke klubnya masing-masing, Schaars ke PSV Eindhoven dan De Guzman ke Swansea City. Namun, Van Gaal telah memanggil dua pemain tambahan untuk menggantikan mereka, yaitu Paul Verhaegh dan Leroy Fer, yang memperkuat Norwich City.

Meski hanya memiliki 22 pemain di skuatnya, namun Belanda memang tidak perlu menurunkan kekuatan penuh di dua laga terakhir babak kualifikasi. Tidak pernah kalah di delapan laga kualifikasi, Belanda telah memasikan lolos langsung ke Brasil 2014. 

Robin van Persie dan kawan-kawan kokoh di puncak klasemen sementara grup A, dengan raihan 22 poin. Memiliki selisih delapan angka dengan peringkat kedua, Hungaria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement