Kamis 10 Oct 2013 14:23 WIB

Kontrak del Bosque Segera Diperpanjang

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
Vicente del Bosque
Foto: Reuters/Gleb Garanich
Vicente del Bosque

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) akan menawarkan perpanjangan kontrak untuk pelatih Vicente del Bosque. Mereka sepertinya masih puas dengan kinerja del Bosque, meski Spanyol dikalahkan Brasil, 0-3 di final Piala Konfederasi pada akhir Juni lalu.

Saat ini, Spanyol tengah melakukan persiapan jelang lawan Belarusia dan Georgia di kualifikasi Piala Dunia 2014. La Furia Roja memuncaki Grup I Zona Eropa dengan koleksi 14 poin dari enam laga. Perolehan poin Spanyol sama dengan Prancis yang memainkan satu laga lebih banyak. Iker Casillas dan kawan-kawan hanya membutuhkan empat poin untuk bisa meraih tiket lolos ke Brasil.

Presiden RFEF Angel Maria Villar mengeluarkan kebijakan untuk memperbaru kontrak del Bosque hingga 2016. Dengan begitu, mantan pelatih Besiktas tersebut bakal membesut Spanyol agar lolos ke Piala Eropa 2016 di Prancis. Perhelatan kompetisi terakbar di Benua Biru itu merupakan masa akhir Villar mengabdi di RFEF.

Sekjen RFEF Jorge Perez mengatakan, surat perpanjangan kontrak telah disiapkan. Dia bahkan berkelakar mantan pelatih Real Madrid tersebut bisa terus menangani tim Matador sepanjang kemauannya. "Del Bosque adalah bagian warisan sepak bola Spanyol. Kami tidak mempertimbangkan alternatif untuk mengisi posisi pelatih," katanya dikutip AS, Kamis (10/10).

Pelatih berusia 28 tahun itu menangani Spanyol sejak 2008. Dia sukses menjadi pelatih terhebat sepanjang masa di negerinya dengan persembahan gelar Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012. 

Spanyol sebelumnya dipandang sebelah mata di level internasional. Tapi kini telah menjadi tim yang paling ditakuti di dunia. Mendapat pembaruan kontrak, del Bosque menyambutnya dengan tangan terbuka. "Saya suka melanjutkannya. Saya akan melakukan apa pun yang federasi inginkan," katanya.

Del Bosque telah melewati 80 laga bersama Spanyol, mengalahkan rekor Laszlo Kubala dan Miguel Munoz yang masing-masing sebanyak 63 pertandingan. Dari total pertandingan, Spanyol meraih 65 kemenangan, delapan imbang, dan menelan tujuh kekalahan. David Villa dan kawan-kawan sangat tajam dengan mengoleksi 197 gol dan kebobolan 53 gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement