Kamis 10 Oct 2013 15:39 WIB

Iran dan Amerika Berencana Gelar Laga Persahabatan

Timnas Amerika Serikat saat merayakan gol (ilustrasi)
Foto: kirotv.com
Timnas Amerika Serikat saat merayakan gol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Timnas Amerika Serikat dan Timnas Iran bakal menggelar laga persahabatan. Meski secara politik dua negara tersebut bertikai, namun, dua negara yang sudah lolos ke Piala Dunia 2014 tersebut, berencana menggelar laga uji coba jelang sebelum terbang ke Brasil.

Fox Sports melaporkan media-media Iran membicarakan rencana laga persahabatan tersebut. Namun, juru bicara sepak bola AS, Neil Beuthe menampik kabar tersebut.

"Kami sudah berbicara dengan beberapa federasi tentang pertandingan persahabatan di AS Mei serta awal Juni," kata Beuthe. "Semua diskusi kami dengan beberapa federasi masih dalam bentuk awal pembicaraan dan belum ada pertandingan yang dijadwalkan."

Kepada Fox, Dan Gaspar, warga  negara  AS yang menjadi pelatih kiper di Timnas Iran, mengatakan, ada keinginan besar antara AS dan Iran untuk melakukan laga persahabatan. Tapi kemungkinan laga itu baru akan terwujud setelah ada undian Piala Dunia pada 6 Desember.

Diplomasi antara Presiden AS, Barack Obama dan Presiden Iran, Hasan Rouhani adalah kontak pertama antara kedua pimpinan negara itu sejak retaknya hubungan diplomatik setelah terjadi revolusi Islam pada 1979. Kendati ada keretakan antara kedua negara, tetapi hubungan olahraga sepertinya tidak ada masalah, termasuk ketika kedua negara itu bersama-sama mengusahakan agar cabang kuno gulat tetap ditandingkan di Olimpiade.

Di lapangan sepak bola, Amerika Serikat dan Iran sudah bertemu dua kali. Iran mengalahkan Amerika Serikat 2-1 pada Piala Dunia 1998 di Prancis dan kemudian melakukan laga persahabatan dengan hasil imbang 1-1 pada Januari 2000 di Pasadena, California.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement