Sabtu 12 Oct 2013 19:17 WIB

Review Laos Vs Filipina

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Piala Asia U-19 2014
Foto: www.the-afc.com
Piala Asia U-19 2014

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Laos dan Filipina berbagi poin. Kedua tim bermain imbang 2-2 pada laga ketiga Grup G kualifikasi Piala Asia U-19 di Stadion GBK, Sabtu (12/10). Laos sebenarnya mampu mengusai jalannya pertandingan sejak menit awal.

Filipina yang pada dua laga awal menerapkan strategi bertahan, kali ini bermain lebih terbuka. Namun tetap mengandalkan serangan balik untuk mencetak gol. Pertandingan berjalan cukup alot hingga 30 menit pertama.

Laos yang cukup kesulitan menembus barisan pertahanan Filipina lebih memaksimalkan tendangan-tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Pada menit ke-32, gelandang Laos Khampaseut nyaris membuka keunggulan timnya lewat tendangan keras. Sayang, kiper Filipina mampu membaca dengan baik tendangan yang mengarah ke pojok gawang. 

Laos mendapatkan peluang emas dua menit berselang. Berawal dari serangan dari lini sayap gelandang Phithack Kongmathilath berhasil melepaskan diri dari kawalan bek Filipina. Sayang sambaran Phithack di mulut gawang usai menerima umpan terobosan masih terlalu lemah dan mengarah ke pelukan kiper Filipina Ronilo Vallez Bayan. 

Filipina yang selalu berada dalam tekanan justru berhasil membuka keunggulan lebih dulu melalui titik penalti pada menit ke-42. Laos mendapatkan hukuman penalti lantaran bek Chittakoe Sithanong melakukan pelanggaran di kotak terlarang. 

Valentino Barot Calvo yang maju sebagai algojo penalti Filipina tak menyiakan peluang emas ini dan membuat timnya memimpin babak pertama dengan skor tipis 1-0. Usai turun minum, Laos tetap mendominasi pertandingan. Sementara Filipina cukup nyaman dengan gaya bertahan sambil mengandalkan serangan balik. 

Terus-terusan mendapat serangan, gawang Filipina pun akhirnya jebol lagi. Laos sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan Jo E Sandara pada menit ke-48 yang lebih dulu membentur mistar gawang dan memantul ke bek Filipina sebelum akhirya meluncur ke dalam gawang. 

Berhasil mencetak gol penyeimbang membuat semangat para pemain Laos kian terlecut. Pasukan Chandalaphone Liepvisay itu pun akhirnya sukses membalikkan kedudukan menjadi 2-1 melalui tendangan placing Armisay Kettavong pada menit ke-73. Sayang, Laos tak bisa mempertahankan keunggulan. 

Filipina membuyarkan kemenangan Laos lewat gol Daniel Bernan Reyes pada menit ke-90. Atas hasil ini, Filipina berhak menempati peringkat tiga klasemen Grup G. 

Meski pun sama-sama mengoleksi satu poin dengan Laos, Filipina lebih unggul dalam selisih gol. Sementara Laos harus puas mengakhiri turnamen dengan status juru kunci. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement