Senin 14 Oct 2013 12:36 WIB

Rekor Dejan Stankovic Bersama Serbia

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Heri Ruslan
Dejan Stankovic
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Dejan Stankovic

REPUBLIKA.CO.ID,  NOVI SAD — Untuk mengenang dedikasi Dejan Stankovic, Serbia menghelat laga persahabatan melawan Jepang di Stadion Karadorde, Novi Sad, Sabtu (12/10) dini hari WIB.

Pertandingan tersebut dimenangkan tuan rumah dengan skor 2-0. Dua gol Orlovi dilesakkan Dusan Tadic pada menit ke-59 dan Milos Jojic menjelang bubaran.

 

Laga itu sebenarnya bukan sembarang uji coba. Pasalnya, Federasi Sepak Bola Serbia (FSS) menjadwalkannya khusus untuk melepas kepergian Dejan Stankovic. Setelah didera cedera berat sepanjang musim lalu, Stankovic memutus kontraknya bersama Inter Milan. Hingga kini, ia belum memiliki ikatan dengan klub mana pun hingga membuatnya berhenti bermain bola.

 

Karena itu, laga melawan Jepang dijadikan momen mantan kapten timnas Serbia tersebut sebagai ajang pengumuman secara resmi pensiun dari lapangan hijau. Terakhir kali Stankovic bermain di level internasional adalah ketika Serbia dikalahkan Slovenia, 0-1 di babak grup Piala Eropa 2012.

 

Il Drago sukses mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan koleksi penampilan 103 kali sejak memulai debut bersama timnas Serbia pada 1998. Raihan itu merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah. Stankovic mengalahkan rekor yang disandang Savo Milosevic sebanyak 102 kali.

 

Stankovic adalah satu-satunya pemain yang memperkuat tiga negara di level internasional. Hal itu takibat terjadi perpecahan negara yang dibelanya, yaitu Yugoslavia, Serbia dan Montenegro, serta Serbia. Di tingkat klub, Stankovic adalah bagian skuat La Beneamata ketika meraih treble winners ketika diasuha Jose Mourinho pada musim 2009/2010.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement