Jumat 25 Oct 2013 07:07 WIB

Kampanye Antikanker Klub Liga Primer

Rep: Adi Wicaksono/ Red: Karta Raharja Ucu
Peduli Kanker (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Peduli Kanker (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- West Ham United dan West Bromwich Albion (WBA) menunjukkan perhatian mereka terhadap isu kesehatan masyarakat. Dua klub Liga Primer Liga Inggris tersebut turut mendukung kampanye meningkatkan kesadaran terhadap kanker.

West Ham ikut ambil bagian dalam sebuah event di Westfield Stratford City. Penyerang tim berjuluk the Hammers, Dylan Tombides hadir sebagai perwakilan. Acara tersebut memberi kesempatan untuk pria usia 18 hingga 44 tahun melakukan tes kanker testikuler secara gratis. Kebetulan, Tombides juga telah menjalani perawatan kanker testikuler sejak dua tahun belakangan.

Selain itu, acara bertajuk kampanye 'One For The Boys' itu juga memberikan pemeriksaan kanker prostat gratis pada pria usia di atas 50 tahun.

"Ini adalah sesuatu yang penting. Jika ada kesempatan Anda dapat mencegah kanker, maka kenapa tidak," kata Tombides tengah pekan ini seperti dilansir laman resmi Liga Primer Inggris.

Sementara itu, gelandang WBA Youssouf Mulumbu turut memberikan dukungan pada kampanye 'Be Clear on Cancer' yang diluncurkan pekan lalu. Kampanye tersebut berfokus pada pencegahan kanker kandung kemih dan kanker ginjal. "Semoga orang-orang akan tersadar akan penyakit yang mereka derita melalui urin mereka," ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan, WBA akan menguji coba teknologi 'thermochromic' di stadion saat menjamu Crystal Palace, 2 November mendatang. Pada hari itu, perangkat deteksi akan dipasang di toilet stadion untuk para penonton. Dengan alat tersebut, pengguna toilet dapat mengetahui potensi kanker melalui urin.

"Sepak bola ditonton oleh jutaan orang, terutama pria. Ketika klub seperti West Ham dan West Bromwich memberikan dukungan, itu sangat penting artinya," kata seorang perawat senior di Cancer Research UK, Caroline, Geraghty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement