Selasa 29 Oct 2013 17:10 WIB

Samsul Arif Gantikan Greg Nwokolo

Rep: Satria Kartika Yudha / Red: Citra Listya Rini
Samsul Arif
Foto: Persibobojonegoro.com
Samsul Arif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional (timnas) sepak bola senior Indonesia Jacksen Ferreira Tiago memanggil striker Persela Lamongan Samsul Arif ke dalam pemusatan latihan. Samsul masuk menggantikan penyerang Arema Indonesia Greg Nwokolo yang terpaksa dicoret karena mengalami cedera. 

Samsul sudah bergabung dengan timnas dan telah mengikuti sesi latihan sejak Senin (28/10) malam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.Samsul masuk bersama dengan dua pemain lainnya untuk mengisi slot kosong timnas, yakni bek Persib Bandung Supardi Nasir dan bek Arema Indonesia Benny Wahyudi. 

Seperti diketahui, selain Greg, tiga pemain Semen Padang yakni M. Nur Iskandar, Vendry Mofu, dan Jandia Eka Putra juga harus absen dari timnas karena harus berlaga bersama tim berjuluk Kabau Sirah dalam turnamen invitasi di Vietnam. 

Samsul sangat bersyukur kembali mendapat panggilan timnas. "Sudah sangat lama saya tidak bermain untuk timnas," kata Samsul kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/10). 

Samsul terakhir kali mengenakan kostum Merah Putih pada ajang Piala AFF 2012 saat masih membela klub Liga Prima Indonesia Persibo Bojonegoro.

Namun, setelah itu ia kehilangan tempat di skuat Garuda menyusul keputusannya pindah ke Persela Lamongan yang merupakan kontestan Liga Super Indonesia. Konflik dualisme federasi yang sempat melanda sepak bola Indonesia, membuatnya tidak bisa memperkuat timnas. 

Samsul bertekad memberikan yang terbaik sekembalinya ke skuat Garuda. Ia menilai tidak akan ada masalah dalam adaptasi meskipun sudah lama tak bergabung dengan rekan-rekannya di timnas. "Kita semua sudah saling kenal dan paham. Saya rasa tidak ada masalah soal adaptasi," kata dia. 

Hanya saja, ungkap Samsul, ia merasa kondisi fisiknya belum sepenuhnya prima setelah libur kompetisi. Namun ia berjanji meningkatkan stamina bermain dalam beberapa sesi latihan kedepan. "Masih ada waktu untuk mengembalikan kondisi fisik," Samsul menambahkan. 

Jacksen percaya Samsul tidak akan menemukan kesulitan berarti meskipun sudah lama tidak memperkuat timnas. "Dia pernah menjadi bagian timnas. Sehingga dia tidak akan kesulitan beradaptasi dengan permainan rekan-rekannya," kata Jacksen. 

Ketika ditanya mengapa memilih memanggil Samsul sebagai pengganti Greg Nwokolo, Jacksen menyebut itu semua sudah dipertimbangkan berdasarkan kebutuhan tim. Terpenting, tambah Jacksen, karakter pemain yang dipanggil sesuai dengan skema permainan yang akan diterapkan olehnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement