Rabu 30 Oct 2013 16:56 WIB

Untuk Gembleng Pemain U-19, Indra Sjafri Pilih Batu

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Indra Sjafrie
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Indra Sjafrie

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih tim nasional U-19 Indra Sjafri akan menggembleng fisik pemain dalam pemusatan latihan (TC) sebagai persiapan tampil di putaran final Piala Asia 2014. Stamina Evan Dimas dkk bakal digenjot di Kota Batu, Jawa Timur. 

Seperti dipaparkan Indra sebelumnya, TC timnas terbagi dalam tiga tahap. Yakni tahap persiapan umum, spesifik, dan prakompetisi. 

Persiapan umum yang merupakan fase pertama difokuskan untuk meningkatkan kondisi fisik pemain. Indra menargetkan meningkatkan rata-rata VO2max pemain menjadi 60. Sejauh ini, VO2max pemain timnas u-19 berada di angka 55. 

Kota Batu yang memiliki suhu udara dingin pun dipilih agar program peningkatan fisik bisa berjalan maksimal. Skuat Garuda Jaya akan berkumpul di Kota Batu 9 November. 

Sesuai dengan periodesasi latihan yang dirancang tim pelatih, mereka akan menjalani program peningkatan fisik selama dua bulan. Setelah itu, program TC akan masuk ke tahap spesifik untuk mematangkan strategi permainan tim.

Pada tahap ini, TC timnas U-19 akan berpindah lokasi ke lapangan Universitas Negeri Yogyakarta, tempat yang sebelumnya menjadi persiapan jangka panjang menjelang Piala AFF 2013. "Kami akan bermarkas di Yogyakarta sejak tahap kedua," kata Indra melalui rilis kepada wartawan, Rabu (30/10).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement