Sabtu 02 Nov 2013 19:49 WIB

The Blues Kontrak Pemain Muda Burkina Faso

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Jose Mourinho
Foto: EPA/Ahmad Yusni
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pertama kali memperkuat timnas U-17 Burkina Faso kala usianya baru mencapai 14 tahun, nama Bertrand Traore disebut-sebut sebagai calon bintang baru asal Benua Afrika. Akhirnya setelah melakoni serangkaian masa uji coba, Traore akhirnya resmi dikontrak oleh Chelsea. Stadion Stamford Bridger pun siap menyambut gelandang serang yang kini berusia 18 tahun tersebut.

Dalam lansirannya di laman resmi klub, Chelsea akhirnya mengumumkan keberhasilan mereka mendapatkan tanda tangan Traore. The Blues mengontrak gelandang kelahiran Bobo-Dioulasso, Burkina Faso itu dengan durasi kontrak selama empat setengah tahun.

Tapi, the Blues masih harus menunggu izin kerja yang dikeluarkan oleh pemerintah Inggris demi bisa melakukan finalisasi kontrak Traore itu.

Namun, perjuangan Traore untuk mendapatkan kontrak dari the Blues tidak mudah. Pada Agustus 2010, Traore sempat dikabarkan lebih memilih untuk bergabung di akademi sepak bola Chelsea, ketimbang bergabung bersama Manchester United. Traore pun meninggalkan Auxerre dan mencoba peruntungannya di Stadion Stamford Bridge.

Namun, pada awal 2011, Chelsea menegaskan, Traore masih belum menjadi penggawa Chelsea. Karena itu, dia masih harus menjalani uji coba untuk bisa menjadi pemain tim asal London Barat itu. Paling tidak, Traore mesti menghabiskan waktu selama dua tahun untuk menjalani masa uji coba.

Terakhir, Traore sempat memperkuat Chelsea di ajang tur pramusim dan mampu tampil apik. Ini merupakan masa uji coba selama enam bulan yang dilakoni Traore. Sebelumnya, Traore juga sempat menjalani masa uji coba pada awal musim 2011/2012.

Kini, penantian Traore itu pun berakhir. Dengan nilai kontrak yang kabarnya mencapai 2 juta pound, Traore telah resmi menjadi penggawa the Blues. Juara Liga Europa itu mendatangkan Traore dari Association Jeunes Espoirs De Bobo-Dioulasso, klub lokal asal kelahiran Traore.

"Dia adalah salah satu calon bakat besar yang terus diikuti Chelsea. Saat di laga pra musim, mungkin kami menghadapi lawan yang lebih mudah. Tapi, beberapa situasi cukup sulit untuk ukuran remaja sepertinya. Menurut pandangan saya, kami telah berhasil mendapatkan salah satu bakat terbaik yang ada di level usianya," tutur pelatih Chelsea, Jose Mourinho dikutip ESPN, Sabtu (2/11).

Jika melihat kiprahnya di timnas Burkina Faso, pujian mantan pelatih Real Madrid itu bisa dianggap tidak berlebihan. Traore mampu mengantarkan Burkina Faso menjadi juara di gelaran Piala Dunia U-17 2011 silam. Padahal saat itu, usia Traore belum genap 16 tahun.

Keberhasilan itu langsung membuat Traore dipromosikan ke tim senior Burkina Faso. Hingga saat ini, Traore telah 10 kali memperkuat Burkina Faso, termasuk saat berpartisipasi di gelaran Piala Afrika 2012. Pun saat harus berhadapan dengan Aljazair di babak terakhir babak kualifikas Piala Dunia 2014 zona Eropa.

"Dia mungkin masih sangat muda. Tapi, saya yakin dia memiliki masa depan yang gemilang di tim ini," tambah bek Chelsea, Gary Cahill seperti dikutip London Evening Standard.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement