Ahad 03 Nov 2013 11:07 WIB

FIFA: Andik Vermansah, Messi dari Indonesia

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
Andik Vermansyah
Foto: Republika/Wihdan
Andik Vermansyah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Bagi banyak orang, Indonesia dan Argentina adalah dua negara dengan tradisi sepak bola yang jauh bertolak belakang. Indonesia menempati urutan ke-162, dan Argentina duduk di peringkat tiga besar rangking FIFA.

Namun, FIFA menganggap kedua negara itu memiliki kesamaan dalam memproduksi bintang lapangan hijau. Andy Ramang dan Bambang Pamungkas adalah dua bintang Garuda yang sukses memukau di tingkat Asia. Keduanya dikenal terampil dalam mengolah si kulit bundar dengan postur badan kecil.

Bintang Indonesia yang mendapat sorotan paling baru adalah Andik Vermansah. Pemain Persebaya 1927 tersebut baru berusia 21 tahun. Tingginya hanya 163 sentimeter. Tetapi, penampilannya sudah membuat heboh publik Asia Tenggara. Tidak salah, pers lokal melabeli Andik dengan sebutan Messi dari Indonesia.

Berpatokan kabar itu, FIFA membandingkan Andik dengan Lionel Messi. Persamaan keduanya adalah sama-sama berpostur pendek. Tetapi, jangan bandingkan prestasi antara Andik dan Messi yang bagaikan langit dan bumi.

Andik juga merasa belum waktunya untuk disandingkan dengan Kapten Tim Tango itu. Menurutnya, perlu waktu dan latihan keras untuk bisa tampil lebih baik lagi, meski mungkin tidak bisa menyamai level Messi.

“Saya tidak tahu bagaimana nama panggilan itu muncul,” katanya saat menjalani latihan bersama klub Jepang, Ventforet Kofu kepada FIFA.com belum lama ini.

“Tapi, jujur ini menempatkan saya pada banyak tekanan. Messi adalah pemain hebat, dan saya harus lebih bekerja keras.”

Salah satu hal yang paling berkesan adalah ketika Los Angeles Galaxy menjalani laga persahabatan melawan Indonesia All Star di Gelora Bung Karno, pada November 2011. Usai pertandingan, pemain asal Jember, Jawa Timur, itu bertukar kostum dengan David Beckham.

Mantan kapten the Three Lions itu sempat berbincang dengan Andik dan memuji penampilannya. Setelah itu, publikasi terhadapnya meningkat drastis.

“Alhamdulillah, setelah pertemuan itu, saya menjadi semakin populer dan tentu saja kata-kata Beckham sangat mendorong kepercayaan diri saya,” kata pemain Timnas Indonesua U-23 itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement