Ahad 03 Nov 2013 20:52 WIB

Hall of Fame Italia, Batigol Hingga Moratti

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
Gabriel Omar Batistuta
Gabriel Omar Batistuta

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Legenda timnas Argentina, Gabriel Batistuta masuk ke dalam daftar penerima Hall of Fame sepak bola Italia. Selama berkarier di Serie A Liga Italia (1991-2003), Batistuta memperkuat Fiorentina, AS Roma, dan Inter Milan. Pemain berjuluk Batigol tersebut melesakkan 227 gol dan memenangkan Scudetto pada 2001 bersama Giallorossi

Mantan kapten AC Milan, Franco Baresi juga merupakan kandidat penerima penghargaan. Baresi yang menghabiskan 20 tahun bersama Rossoneri telah bermain sebanyak 719 kali di semua kompetisi. Berkat kontribusinya, nomor punggung 6 yang dikenakannya diabadikan oleh Milan.

Nominasi lainnya diraih Presiden Inter Milan, Massimo Moratti. Taipan minyak Italia tersebut menjadi penguasa Nerazzurri sejak 1995. Pada Oktober lalu, Moratti melepas 70 persen saham klub kepada pengusaha muda Indonesia, Erick Thohir.

Mantan pelatih AC Milan, AS Roma, dan Juventus, Fabio Capello tidak ketinggalan mendapat penghargaan bergengsi itu. Kontribusi pelatih timnas Rusia itu sangat besar bagi kemajuan sepak bola Italia. Nama lain yang juga memperoleh penghargaan adalah Cesare Gussoni dan Sergio Gonnella (wasit Italia), serta Gianni Rivera dan Eraldo Monzeglio (veteran timnas).

Dilaporkan Tuttomercatoweb, para nominator itu dipilih setelah mendapat verifikasi dari Komite Jurnalis untuk Federasi Museum Calcio. Pemberian penghargaan dijadwalkan diberikan di Firenze pada 2 Desember mendatang.

Hall of Fame yang didirikan pada 2011 bertujuan untuk mengapresiasi setiap sosok yang dianggap berkontribusi memajukan sepak bola negeri Pizza itu. Sebelumnya, Michel Platini, Paolo Maldini, Marco Van Bastem, Roberto Baggio, Marcello Lippi, Arrigo Sacchi, Giovanni Trapattoni, Dino Zoff, dan Gigi Riva termasuk penerima penghargaan dalam dua tahun terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement