Ahad 03 Nov 2013 21:59 WIB

Yoichi Takahashi Terinspirasi Oleh Barca

Rep: Rezkyjaramaya/ Red: M Irwan Ariefyanto
Yoichi Takahashi dan patung kartun ciptaanya Kapten Tsubasa
Foto: AP
Yoichi Takahashi dan patung kartun ciptaanya Kapten Tsubasa

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO -- Pencipta serial animasi sepakbola Kapten Tsubasa, Yoichi Takahashi mengatakan, Barcelona telah menjadi insipirasi utama dalam menciptakan karyanya. Belum lama ini, Takahashi terbang ke Barcelona untuk menghadiri Konvensi Manga ke -19, ini adalah ke enam kalinya dia mengunjungi klub raksasa Spanyol tersebut.

Kartunis Jepang tersebut mengaku hampir seluruh plot seri yang dibuatnya terinspirasi dari Barca. Bahkan, dia mengklaim bahwa ada kemiripan mencolok antara tokoh utama, Tsubasa Ozora dengan gelandang Barca, Andres Iniesta. "Para seniman Jepang sempat menertawakan saya, karena Tsubasa lahir lebih dulu ketimbang Iniesta, namun keduanya memiliki kemiripan dalam segala hal," ujar Takahasi dilansir Marca, Sabtu (2/11).

Pria berusia 53 tahun itu semakin menjadi penggemar fanatik Barca ketika Johan Cruyff mengambil alih sebagai manajer dalam kurun waktu 1988-1996. Menurut Takahashi, Cruyff memberikan gaya permainan yang khas dan indah. Selain itu, dia juga terpesona dengan filosofi yang dibawa oleh Cruyff untuk kemajuan Barca. Takahashi sedang menyelesaikan seri terbaru komik Kapten Tsubasa dengan judul Kaigai Gekito Hen En La Liga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement