Rabu 06 Nov 2013 11:26 WIB

Tanggal Ini 27 Tahun Lalu, Ferguson Diangkat Jadi Manajer MU

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Didi Purwadi
Sir Alex Ferguson
Foto: AP/Jon Super
Sir Alex Ferguson

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Alex Ferguson ditunjuk sebagai manajer Manchester United pada 6 November 1986, menggantikan Ron Atkinson yang dipecat karena dianggap tidak bisa meneruskan prestasi yang telah diraih. Awal karier Ferguson di Manchester United terbilang tidak konsisten.

Di musim pertama, dia membawa klubnya finis di urutan sebelas klasemen Liga Primer Inggris. Musim kedua klub yang mendapatkan julukan 'Setan Merah' tersebut melesat naik ke peringkat dua, namun pada musim ketiga kembali turun ke peringkat sebelas.

Pertengahan musim keempat, karier Ferguson terancam hampir selesai karena klubnya mengawali musim dengan buruk dan berakhir di peringkat 15.

Akan tetapi, Manchester United masih mempercayakan kursi manajer kepada Ferguson dan memberikan kesempatan kepadanya untuk memperbaiki prestasi klub tersebut. Pria yang mengawali karir sebagai pelatih di Liga Primer Skotlandia itu akhirnya berhasil membawa Manhcester United memenangkan gelar Piala FA pada 1990.

Setelah itu, Ferguson melanjutkan serangkaian kesuksesan di Old Trafford diantaranya empat gelar Piala FA, dua gelar Liga Champions, dan tiga gelar Liga Primer Inggris.

Selain itu, dia juga menerima penghargaan sebagai Manajer Terbaik di Liga Primer Inggris. Dedikasinya untuk kemajuan sepakbola Inggris membuat pria kelahiran Skotlandia itu mendapatkan gelar kebangsawanan dari Ratu Elizabeth II.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement