Jumat 15 Nov 2013 15:32 WIB

Timnas Sudah Siap Taklukkan Cina

Timnas Indonesia
Foto: timnasgaruda.com
Timnas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia akan melawat ke Cina, tepatnya di Shaanxi Poviance Jiaodaruisen Stadium, Xi’an dalam laga Pra Piala Asia (PPA) 2015 Grup C. Kemenangan menjadi wajib bagi Skuat Garuda bila tak ingin mengubur impian berlaga di putaran final Piala Asia 2015 mendatang di Australia.

Di pertemuan pertama kedua tim bermain imbang 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, (15/10) lalu. Boaz Salossa dkk saat ini masih di posisi empat alias buncit dengan raihan 1 poin.

Pelatih Timnas Indonesia, Jacksen F Tiago pun tak ingin begitu saja menyetor kekalahan di dalam lawatannya ke China. Pelatih asal Brasil ini pun secara singkat memberikan komentar saat sesi jumpa pers  jelang laga lawan Naga Merah.

"Terima kasih atas sambutan dari tuan rumah, yang memberikan pelayanan yang bagus kepada Indonesia. Kami merasa enjoy di sini, dari mulai hotel, makanan hingga tempat latihan. Terkait pertandingan, Indonesia sudah siap menghadapi Cina. Semua persiapan sudah kita lakukan dengan baik, dan seluruh tim dalam semangat tinggi meraih kemenangan," kata Jacksen.

Ditanya soal kondisi cuaca yg berbeda dengan di Jakarta, Jacksen mengaku tidak ada masalah.

"Kami sudah lakukan adaptasi, termasuk persiapan uji coba di Korea Utara lalu. Jadi, pemain kami siap tampil dalam kondisi suhu yang dingin di sini. Secara teknis juga kami siap, sebelum lawan Cina di Jakarta, kami tanpa poin, lalu meraih satu poin tanggal 15 Oktober lalu. Karena itulah, tim kami siap meraih kemenangan perdana juga atas Cina," beber mantan Pelatih Persebaya ini.

Saat dihubungkan dengan klub Tianjin Cina, Jacksen menjawab bahwa saat ini ia adalah pelatih Timnas Senior Indonesia. "Saya tidak mau bicara apapun selain yang berhubungan dengan Timnas Indonesia," tukasnya.

Dari empat pertemuan sebelumnya antara timnas Indonesia kontra Team Dragon, julukan timnas Cina, Timnas Indonesia memang belum sekalipun meraih angka sempura. Di mana dari empat pertandingan tersebut, hasil imbang di SUGBK menjadi pencapaian paling maksimal yang bisa didapat timnas Indonesia.

Adapun tiga pertandingan sebelumnya, timnas Garuda selalu tumbang baik bertindak sebagai tuan rumah atau tamu. Kekalahan pertama terjadi saat dijamu Cina, 5-1, (13 Mei 2001), di Kualifikasi Piala Dunia. Kekalahan kedua terjadi pada 27 Mei 2001, timnas Indonesia tumbang, 0-2, di kandang sendiri.

Di pertemuan ketiga (21 Juli 2004), kekalahan dengan skor besar dari Team Dragon kembali dialami timnas Indonesia. Di mana saat itu, Cina unggul telak lima gol tanpa balas saat Timnas Indonesia bertindak sebagai tamu di Workers’ Stadium, Beijing.

Setelah dijamu Cina, Timnas Indonesia masih menyisakan dua pertandingan lanjutan di PPA 2015 Grup C. Tanggal 19 November, Timnas Garuda akan menjamu Irak Dan terakhir tandang ke Arab Saudi  di Prince Abdullah al-Faisal Stadium, Jeddah, 6 Maret 2014.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement