Senin 18 Nov 2013 16:35 WIB

Moyes Diminta Datangkan Pemain Bintang di Transfer Mendatang

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Manajer Manchester United, David Moyes
Foto: AP/Clint Hughes
Manajer Manchester United, David Moyes

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Kegagalan mendatangkan pemain bintang pada bursa transfer musim panas Eropa, Juli silam menjadi salah satu sebab start buruk yang dilakoni Manchester United pada musim ini. Demi memperbaiki performa United, pelatih David Moyes diminta untuk bisa mendatangkan pemain bintang pada jendela transfer musim dingin, Januari mendatang.

Tuntutan itu datang dari salah satu staf kepelatihan Manchester United, Phill Neville. Mantan pemain Everton itu berbagi pandangan soal faktor start buruk yang dialami United pada musim ini. Bahkan, dikatakan start terburuk United dalam 24 tahun terakhir. Tidak hanya itu, kedatangan pemain bintang akan semakin membuka peluang United dalam perburuan gelar Liga Primer Inggris.

Pada bursa transfer musim panas Eropa silam, pemberitaan soal United memang lebih banyak diwarnai kegagalan mendapatkan pemain incaran mereka. Mulai dari niat mendatangkan gelandang Barcelona, Cesc Fabregas hingga kegagalan mendaratkan pemain Athletic Bilbao, Ander Hererra. Kedatangan gelandang Everton, Marouane Fellaini pada menit akhir bursa transfer pun belum mampu menjawab keraguan soal kesiapan skuat United menghadapi musim ini.

Malangnya, anggapan itu akhirnya terbukti. Juara Liga Primer Inggris musim lalu itu terlihat kepayahan dalam mempertahankan posisi di papan atas klasemen sementara. Dari 11 laga, United telah menorehkan tiga kali kalah dan enam kali kemenangan. Raihan 20 poin mengantarkan United berada di posisi kelima klasemen sementara. Selisih lima angka dengan pemuncak klasemen sementara, Arsenal. 

"Pada bursa transfer awal musim ini, kami gencar mencari pemain bintang dan kami akan melanjutkan pencarian itu. Kami harus bisa terus berinvestasi di tim ini. Karena di kompetisi ini, jika kamu hanya diam, maka kamu akan tertinggal oleh tim lain. Sama seperti Manchester City pada musim lalu mereka tidak banyak mendatangkan pemain dan akhirnya gagal mempertahankan gelar Liga Primer Inggris," kata Neville seperti dikutip Mirror, Senin (18/11).

Sempat terperosok ke posisi ke-12, United terus memperbaiki posisinya di papan klasemen sementara Liga Primer. Neville pun mengakui, kekalahan 1-2 dari West Bromwich Albion, akhir September silam, menjadi pelecut semangat para penggawa United. Wayne Rooney dan kawan-kawan pun akhirnya mampu kembali diperhitungkan saat mampu mengalahkan pemuncak klasemen sementara, Arsenal, 1-0 di pekan ke-11 liga.

Neville pun meminta pada semua supporter United untuk bisa memberikan dukungan kepada pengganti Sir Alex Ferguson, David Moyes. Menurutnya, saat ini United tengah berada di masa transisi. "Akan selalu sulit untuk menggantikan orang yang sudah lama mengendalikan tim ini. Selalu akan ada masa transisi untuk apa pun," lanjut mantan penggawa United tersebut. 

Sebelumnya, United sempat disebut-sebut tengah membuka kemungkinan untuk bisa mendapatkan tanda tangan gelandang Barcelona, Andres Iniesta Januari mendatang. Kabarnya, United siap memanfaatkan situasi Iniesta di El Barca, yang dikabarkan tengah bersitegang dengan pelatih anyar Barcelona, Gerardo Martino lantaran jarang mendapat kesempatan bermain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement