Senin 18 Nov 2013 16:37 WIB

Jacksen Ingin Pemain Timnas Lebih Kreatif

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Fernan Rahadi
 Pelatih timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago (keempat kiri), memberikan intruksi kepada pemainnya saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (11/7).
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Pelatih timnas Indonesia, Jacksen F. Tiago (keempat kiri), memberikan intruksi kepada pemainnya saat latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (11/7).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pelatih Jacksen Ferreira Tiago berharap Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan kandang melawan Irak pada lanjutan Pra Piala Asia 2015 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (18/11) besok.

Untuk meraih kemenangan, Jacksen  sudah melakukan evaluasi dengan mempelajari rekaman pertandingan Indonesia melawan Cina. Jacksen mengajak pemain berdiskusi terkait hal-hal apa yang harus dikembangkan dalam pertandingan.

"Tapi kami juga sudah mempelajari kekuatan lawan dengan rekaman pertandingan," kata Jacksen.

Seperti biasa, pelatih asal Brasil tersebut merahasiakan strategi apa yang akan diterapkannya pada laga nanti. Namun ia berpesan kepada Boaz Solossa dkk untuk lebih kreatif saat menjalani pertandingan.

"Intinya jangan terlalu terpaku dengan instruksi pelatih. Harus inisiatif," ujarnya.

Kekalahan 0-1 di kandang Cina pada Jumat (15/11), menutup peluang Indonesia finis di peringkat dua besar Grup C sebagai  syarat meraih tiket putaran final. Indonesia yang kini menghuni peringkat empat alias dasar klasemen dengan raihan satu poin, hanya bisa menggantungkan asa lolos kualifikasi dengan menjadi tim peringkat tiga terbaik bersaing dengan sembilan kontestan lainnya yang ada di lima grup.

Namun untuk menyegel tiket dengan jalur tersisa ini pun cukup berat. Pasalnya Indonesia sudah tertinggal empat poin dari Lebanon yang untuk sementara menjadi tim peringkat tiga terbaik dengan dua pertandingan tersisa.  Artinya, meskipun Indonesia mampu mengalahkan Irak, skuat Garuda dipastikan kandas apabila Lebanon meraih satu kemenangan lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement