Rabu 20 Nov 2013 01:18 WIB

Tiga Negara Ini Lolos ke Piala Asia 2015

Piala Asia 2015
Foto: goal.com
Piala Asia 2015

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA --  Uzbekistan, Qatar, dan Oman melaju ke Piala Asia 2015 pada Selasa, namun China masih menemui hambatan dan upaya Iran diperumit oleh aksi teror bunuh diri.

Uzbekistan dan Oman keduanya memastikan kemenangan pada fase-fase akhir pertandingan sebelum menundukkan Hong Kong dan Suriah, sedangkan tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar memastikan tempat mereka berkat kemenangan 1-0 atas Malaysia.

Bagaimanapun, upaya China akan semakin berat setelah bermain imbang 0-0 dengan Arab Saudi, sedangkan Iran masih akan memainkan pertandingan tandang Selasa di markas Lebanon tanpa kehadiran penonton, setelah bom bunuh diri meledak di luar kedutaan Iran di Beirut.

Para ofisial melarang para penggemar menyaksikan pertandingan kualifikasi itu, di mana Iran hanya memerlukan hasil imbang untuk dapat lolos, setelah dua bom bunuh diri meledak yang menewaskan setidaknya 23 orang.

Hasil-hasil pada Selasa membuat sepuluh tim sekarang dapat mengonfirmasi tempatnya di Piala Asia mendatang, termasuk tuan rumah Australia dan juara bertahan Jepang, menjelang berakhirnya babak kualifikasi.

Bagaimanapun China, raksasa sepak bola Asia yang sedang tertidur, harus memastikan kemenangan pada pertandingan terakhir melawan juara Asia 2007 Irak setelah gagal menaklukkan Arab Saudi di Xian.

Tim yang dipimpin pelatih sementara Fu Bo dan disaksikan oleh calon suksesornya, pelatih Guangzhou Evergrande Marcello Lippi, tampil dominan namun gagal memberikan serangan mematikan.

Bek kanan Guangzhou Zhang Linpeng gagal mengeksekusi penalti dan dengan sepakan terakhir di pertandingan itu, rekan setimnya Huang Bowen hanya mampu melepaskan tendangan bebas yang melebar.

Sementara itu rivalnya di grup, Irak mengalahkan Indonesia 2-0 di Jakarta untuk mendekat dua angka dengan China, yang saat ini menduduki peringkat kedua di Grup C di bawah pemuncak klasemen Arab Saudi.

Tim-tim ini akan bertemu pada Maret di mana China perlu menghindari kekalahan untuk menghindari peristiwa pertama kalinya mereka gagal menembus Piala Asia sejak debutnya pada 1976.

Di tempat lain, di Teheran, Oman sampai memerlukan menit pertama masa tambahan waktu untuk mengamankan kemenangan vital 1-0 atas Suriah melalui gol dari gelandang Eid Al Farsi.

Suriah harus memainkan pertandingan-pertandingan mereka di negara tetangga Iran, karena perang saudara yang terjadi di negaranya.

Uzbekistan juga memerlukan menit-menit akhir untuk meraih kemenangan di Hong Kong, setelah gol-gol Vokhid Shodiev dan Odil Ahmedov pada menit ke-84 dan 89 memastikan kemenangan 2-0 dan lolos dari Grup E.

Kuwait juga akan menembus turnamen empat tahunan itu jika mereka mengalahkan Thailand, sepanjang Iran juga meraih kemenangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement