Rabu 20 Nov 2013 16:07 WIB

Laos Anggap Timnas U-23 Lawan Tangguh

Timnas Indonesia U-23
Foto: ANTARA FOTO/ Feny Selly/ pras/13
Timnas Indonesia U-23

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Timnas Laos Kokichi Kimura menganggap Indonesia merupakan lawan yang tangguh sehingga pihaknya harus menyiapkan strategi khusus pada pertandingan pertama turnamen mini MNC Cup di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (21/11).

Pertandingan melawan tuan rumah Indonesia, kata dia, juga dinilai sangat bagus untuk menjadi tolak ukur kekuatan yang dimiliki timnya sebelum tim ini turun di SEA Games 2013 Myanmar, 11-22 Desember nanti.

"Kami akui Indonesia adalah lawan yang tangguh. Tapi ini sangat bagus bagi kami. Pertandingan nanti akan menjadi tolak ukur kekuatan kami. Makanya kita harusnya menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Indonesia," kata Kokichi Kimura di Jakarta, Rabu (20/11).

Menurut dia, pada SEA Games 2013 Myanmar memang tidak satu grup dengan Indonesia. Namun demikian, pertandingan melawan Indonesia dinilai sangat penting. Apalagi, lawan yang akan dihadapi pada kejuaraan terbesar di Asia Tenggara itu mempunyai karakter yang hampir sama.

Meski bukan salah satu tim kuat di Asia Tenggara, Laos mulai menunjukkan kemampuannya. Bahkan pada Piala AFF 2012 lalu, Laos mampu menahan imbang Timnas Indonesia senior 2-2. Saat itu Laos diperkuat tujuh pemain yang saat ini menjadi tulang punggung timnas U-23 dan akan kembali berhadapan dengan Indonesia.

"Saat itu kami mampu menyulitkan Indonesia. Makanya kita harus memaksimalkan pertandingan nanti," kata pelatih asal Jepang itu.

Pada MNC Cup, Timnas Laos yang dipimpin oleh pelatih Kokichi Kimura membawa pemain-pemain yang mulai menunjukkan kualitasnya. Salah satunya adalah Khampoumy Haneviulay. Pemain ini mengaku sangat antusias turun di MNC Cup.

Timnas Laos setelah menghadapi tuan rumah Indonesia langsung ditunggu oleh Maladewa, Jumat (22/11), yang di pertandingan pertama akan menghadapi Papua Nugini. Di pertandingan terakhir, Minggu (24/11), anak asuh Kokichi Kimura itu akan menghadapi Papua Nugini.

Sementara itu asisten pelatih Timnas Indonesia U-23 Aji Santoso mengaku timnya sudah siap untuk diturunkan. Turnamen MNC Cup yang salah satunya melawan Laos akan dijadikan tolak ukur kekuatan Timnas Garuda Muda sebelum turun di SEA Games 2013 Myanmar.

"Pertandingan nanti akan menjadi tolak ukur kekuatan timnas sebelum turun di SEA Games nanti. Meski sifatnya hanya turnamen, kami akan bermain semaksimal mungkin," kata asisten pelatih Timnas Indonesia, Aji Santoso.

Menurut dia, sebelum turun di turnamen MNC Cup pihaknya bersama jajaran pelatih latihan telah menggembleng Andik Vermansyah dan kawan-kawan dengan program yang telah dipersiapkan. Bahkan juga beberapa kali melakukan pertandingan ujicoba di dalam dan luar negeri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement