Ahad 24 Nov 2013 22:55 WIB

Timnas Indonesia Juara MNC Cup 2013

Timnas U-23
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Timnas U-23

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-23 menjuarai turnamen MNC Cup 2013 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu, setelah memenangkan tiga pertandingan yang harus dijalani.

Anak asuh Rahmad Darmawan yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013 Myanmar pada pertandingan terakhir, Minggu, mampu mengalahkan Maladewa 2-1 Dengan demikian mampu mengumpulkan sembilan poin.

Langkah Andik Vermansyah dan kawan-kawan untuk menjuarai turnamen empat negara dengan format setengan kompetisi atau saling bertemu ini terbilang cukup mudah. Hal ini disebabkan lawan yang dihadapi dinilai cukup mudah.

Pada pertandingan pertama di stadion terbesar di Indonesia itu, Kurnia Meiga dan kawan-kawan menang 3-0 atas Laos. Selanjutnya, dipertandingan kedua menang dengan skor meyakinkan yaitu 6-0 atas Papua Nugini.

Lawan yang memberikan perlawanan sengit hanyalah Maladewa. Bahkan Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu. Namun, berkat kerja keras akhirnya Timnas Garuda Muda mampu berbalik unggul.

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia U-23 berhak mendapatkan Piala MNC Cup serta mendapatkan uang pembinaan sebesar 50 ribu dolar AS.

Diposisi dua Laos dengan 25 ribu dolar AS, Maladewa diposisi tiga dengan 15 ribu dolar dan Papua Nugini dengan 10 ribu dolar AS.

Meski mampu menjuarai turnamen dengan hadiah total 100 ribu dolar AS, kekuatan Timnas Garuda Muda dinilai masih belum teruji. Apalagi lawan-lawannya bukan yang menjadi musuh pada kejuaraan olahraga terbesar di Asia Tenggara nanti.

Pada SEA Games 2013 akhir tahun nanti, Manahati Lestusen dan kawan-kawan tergabung di Grup B bersama tuan rumah Myanmar, Thailand, Timor Leste dan Kamboja.

Sementara itu diposisi dua diduduki oleh Laos yang dipertandingan terakhir mampu mengalahkan Papua Nugini dengan skor 3-1.

Dengan demikian, salah satu peserta SEA Games 2013 mampu mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan.

Langkah anak asuh Kokichi Kimura untuk mendudukan posisi dua cukup mengejutkan. Setelah kalah 0-3 dari Indonesia, Khampoumy Hanevilay dan kawan-kawan mampu mengalahkan Maladewa 2-1. Padahal Maladewa dipertandingan pertama mampu mengalahkan Papua Nugini 1-0.

Dengan kekalahan 1-3 dari Laos maka Papua Nugini harus tertahan diposisi tiga klasemen dengan tiga poin. Sedangkan juru kunci diduduki oleh Papua Nugini dengan nol poin dari tiga pertandingan.

MNC Cup 2013 merupakan ajang pemanasan bagi Timnas Indonesia U-23 sebelum turun di SEA Games Myanmar.

Turnamen ini merupakan ujicoba terakhir bagi anak asuh Rahmad Darmawan sebelum bertolak ke negara yang dulunya bernama Birma itu.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement