Jumat 29 Nov 2013 04:52 WIB

DBD Ancam Piala Dunia 2014 di Brasil.

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Damanhuri Zuhri
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.
Foto: dinsos.jakarta.go.id
Nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Para fans atau pendukung tim sepakbola yang ingin menyaksikan langsung perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil, mesti berhati-hati.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, beberapa kota di negara itu bakal menghadapi kerentanan serangan demam berdarah dengue (DBD).

“Penyakit tropis yang disebarkan oleh gigitan nyamuk Aedes ini bisa menjadi masalah serius di tiga dari 12 kota tuan rumah selama musim panas mendatang,” kata Profesor Simon Hay, seorang ahli berkebangsaan Inggris dari Oxford University, seperti dilansir BBC, Kamis (28/11).

Tiga kota di Brasil yang berisiko tinggi diserang demam berdarah itu adalah  Fortaleza, Natal, dan Salvador. Temuan ini diperoleh setelah tim peneliti yang dipimpin langsung Prof Hay mempelajari peta distribusi dengue di Brasil, serta variasi musimannya di tempat-tempat turnamen Piala Dunia diselenggarakan nanti.

Berdasarkan hasil penelitian mereka, risiko dengue akan mendekati puncaknya ketika pertandingan dilangsungkan di tiga kota yang disebutkan tadi.

Untuk itu, Prof Hay menyarankan agar FIFA, pemerintah Brasil, dan para sponsor Piala Dunia menggunakan pengaruh mereka untuk menyosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat dan publik sepakbola.

Dijelaskannya, sampai saat ini belum ada vaksin atau obat yang mampu mengatasi dengue. Karenanya, menghindari gigitan nyamuk menurutnya adalah cara pencegahan terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement