Selasa 17 Dec 2013 15:56 WIB

Gattuso dan Brocchi Terlibat Pengaturan Skor?

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Fernan Rahadi
Gennaro Gattuso
Gennaro Gattuso

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN — Polisi Italia sedang melakukan investigasi terkait dugaan adanya pengaturan skor pertandingan (Calciopoli). Dua mantan pemain AC Milan, Gennaro Gattuso dan Cristian Brocchi dikabarkan terlibat dalam upaya ilegal itu.

 

Dilansir Forza Italian Football, Selasa (17/12), laporan terbaru mengindikasikan jaksa di Provinsi Cremona melihat adanya gelagat konspirasi untuk melakukan kejahatan dan penipuan olahraga. Hingga kini, setidaknya empat orang sudah ditangkap terkait indikasi keterlibatan pengaturan skor.

 

Empat orang itu diyakini sebagai perantara yang dipercaya pemain dan atasannya untuk mengatur hasil sebuah laga. Keempatnya untuk sementara dijebloskan ke penjara karena sudah ditemukan bukti yang mendukung.

 

Menurut La Gazzetta dello Sport, Gattuso dan Brocchi diselidiki berdasarkan temuan pihak berwajib. Beberapa waktu sebelumnya, jaksa melakukan penggerebekan di 15 lokasi di beberapa kota di Italia bagian utara. Hasil penangkapan itu terungkap bahwa jaringan judi sepak bola melibatkan beberapa pemain dan mantan pemain di Serie A dan B.

 

Beberapa surat penangkapan yang ditandatangani hakim dari Cremone Guido Salvini juga menggerebek rumah tersangka. Pada malam sebelumnya, para petugas dikabarkan sudah menggeledah rumah Gattuso dan Brocchi untuk mencari dokumen terkait.

 

Meski belum mengkonfirmasi secara resmi nama tersangka, operasi penangkapan dilakukan di Milan, Bologna, Rimini, dan Messina. Aparat penegak hokum mendeteksi, jaringan yang dibongkar itu merupakan sebuah asosiasi kriminal yang bertujuan untuk penipuan olahraga dengan melakukan tindak pidana.

 

“Transaksi ini merupakan puncak dari pengembangan lebih lanjut dari fenomena yang disebut investigasi pengaturan pertandingan,” demikian laporan harian olahraga paling berpengaruh di negeri Pizza itu.

 

Gattuso yang dijuluki sebagai pemain bertenaga banteng membela Rossoneri mulai musim 1999 hingga 2012. Dia menjadi bagian skuat Milan yang sukses merebut Liga Champions 2003 dan 2007, serta timnas Italia yang meraih Piala Dunia 2006. Adapun, Brocchi merumput di San Siro mulai 2001 hingga 2008. Pria berusia 37 tersebut mempersembahkan tujuh trofi untuk I Diavolo termasuk kampiaun Liga Champions dua kali.

 

Kasus yang menghebohkan pencinta sepak bola Italia itu merupakan tindak lanjut dari skandal yang melibatkan mantan pemain Bologna, Beppe Signori pada 2011 lalu. Mantan penggawa Gli Azzurri tersebut akhirnya dihukum lima tahun tidak boleh terlibat dalam sepak bola. Kasus itu juga menyeret belasan klub Serie A dan B, termasuk mantan pemain timnas Cristiano Doni dan Thomas Manfredini yang masing-masing dihukum 3,5 dan tiga tahun dilarang beraktivitas di sepak bola.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement