Selasa 24 Dec 2013 14:32 WIB

Spurs Sudah Tentukan Pengganti AVB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Mansyur Faqih
Tim Sherwood
Foto: Reuters/Andrew Winning
Tim Sherwood

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejumlah nama pelatih top dunia sempat dihubungkan untuk mengisi kursi pelatih Tottenham Hotspur usai sepeninggal pelatih asal Portugal, Andre Villas-Boas (AVB). Mulai dari pelatih Belanda, Louis van Gaal hingga mantan pelatih timnas Inggris, Glenn Hoddle.

Namun manajemen the Lilywhites akhirnya memilih pelatih sementara Spurs Tim Sherwood sebagai pelatih permanen tim asal London Utara tersebut.

"Kami juga beruntung memiliki pelatih berbakat seperti Tim Sherwood. Kami yakin, Tim memiliki kemampuan untuk bisa membawa tim ini menatap masa depan," kata pimpinan Tottenham Hotspur, Daniel Levy di laman resmi klub seperti dilansir The Guardian, Selasa (24/12).

Kesepakatan ini tercapai kala Sherwood melakukan pertemuan dengan Levy, Senin (23/12) pagi waktu setempat. Dalam kesepakatan itu, Sherwood dikontrak selama 18 bulan. Artinya pelatih berusia 44 tahun itu diharapkan bisa terus melatih Spurs hingga akhir musim depan.

Sebelumnya, Sherwood menegaskan, hanya mau membesut Spurs sebagai pelatih permanen asal diberikan jangka waktu kontrak yang panjang. Keputusan manajemen Spurs ini merupakan buntut dari tren positif penampilan the Lilywhites sejak dibesut Sherwood.

Meski pun Spurs menyerah 1-2 dari West Ham United pada laga debutnya sebagai pelatih sementara Spurs. Tapi mantan direktur teknis tim junior Spurs itu mampu mempersembahkan kemenangan di laga perdananya di ajang Liga Primer Inggris. Spurs mampu membungkam Southampton 3-2, akhir pekan lalu.

Sejumlah perubahan memang dilakukan Sherwood sejak menukangi Spurs. Berbeda dengan AVB yang gemar memainkan formasi 4-2-3-1, Sherwood menerapkan formasi tradisional 4-4-2. Selain itu, Spurs juga tampil lebih melebar dan menerapkan tempo permainan yang lebih cepat. Perubahan ini pun mendapat appresiasi positif dari para supporter setia the Lilywhites.

Di staf pelatihnya, Sherwood akan tetap diperkuat oleh mantan pemain Spurs, Les Ferdinand. Selain itu, ada juga nama Chris Ramsey dan Steffen Freund. Namun masih ada sedikit masalah soal lisensi kepelatihan Sherwood. Mantan gelandang Spurs itu belum memegang lisensi UEFA Pro License. Sherwood baru memiliki lisenti UEFA A dan UEFA B. 

Sherwood pun diharapkan sudah mendaftar untuk mengambil lisensi tersebut pada 10 Maret mendatang. Karena berdasarkan peraturan otoritas Liga Primer Inggris, semua pelatih kepala yang berkiprah di tim kontestan Liga Primer Inggris harus memiliki lisensi tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement