Sabtu 28 Dec 2013 14:27 WIB

Heitinga Dikaitkan dengan Fiorentina

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Mansyur Faqih
John Heitinga
Foto: AP/Scott Heppell
John Heitinga

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Kedatangan manajer Roberto Martinez membuat kesempatan bermain John Heitinga hilang. Hingga pekan ke-18 Liga Primer Inggris, bek berusia 30 tahun tersebut belum sekali pun bermain untuk Everton. Dia baru tampil dua kali di Piala Liga. 

Kondisi itu jelas membuka peluang bagi Heitinga untuk meninggalkan Goodison Park pada Januari mendatang. Apalagi, kontraknya bersama the Toffees akan habis pada Juni mendatang, dan sepertinya tidak akan diperpanjang. 

Sang agen Fabio Parisi mengakui, kliennya dihubungkan dengan Fiorentina dan AS Roma. Meski begitu, peluang untuk tetap merumput di Inggris juga tetap terbuka. West Ham United telah menunjukkan minat untuk merekrut palang pintu timnas Belanda itu.

"Heitinga sedang mencari ruang kecil di Everton dan akan memulai pada akhir tahun, jika tidak pada Januari. Sampai saat ini, tidak ada kontak dengan Roma, atau dengan Fiorentina," kata Parisi kepada Vavel.com, Sabtu (28/12).

Menurut Parisi, Heitinga membutuhkan kesempatan bermain secara terus-menerus demi menjaga peluangnya tampil di Piala Dunia 2014. Jika meninggalkan Everton, namun klub barunya tidak juga memberi tempat reguler, tentu Heitinga terancam gagal tampil di Brasil.

"Heitinga akan siap untuk sebuah pengalaman di Italia. Jika Anda tiba kami akan mengevaluasi penawaran," ujarnya.

Mantan pemain Atletico Madrid itu mengatakan, banyak kesempatan untuknya memperkuat klub baru. Setelah merumput di Eredivisie Belanda, La Liga Spanyol, dan Liga Primer Inggris, ia ingin mencari tantangan baru. Berkiprah di Seria A Liga Italia dinilainya sebuah tantangan.

Sayangnya, hingga kini ketertarikan La Viola atau Giallorossi itu baru sebatas rumor. Dia masih menunggu konfirmasi resmi dari sang agen. "Tidak (tawaran) ada yang resmi...Kontrak saya habis pada Juni. Saya pikir kami harus tahu sesuatu yang lebih konkret pada pekan depan," katanya kepada La Gazzetta dello Sport.

Heitinga menyatakan sangat terbuka untuk membela klub Liga Italia. Dia berharap segera dimulai pembicaraan agar masa depannya menemukan kepastian. "Ada beberapa klub Serie A yang tertarik kepada saya. Saya menunggu untuk berita resmi dari agen saya," kata mantan pemain Ajax Amsterdam itu. 

Heitinga bergabung dengan Everton setelah direkrut dari Los Rojiblancos pada 2009. Ketika itu, klub yang ditangani David Moyes itu mengeluarkan dana sebesar lima juta pound atau sekitar Rp 100 miliar. Lima musim membela Everton, ia bermain sebanyak 114 kali di Liga Primer Inggris dan melesakkan dua gol. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement