Jumat 03 Jan 2014 07:00 WIB

Tabare Ramos, Pemain Pertama yang Dikontrak Klub MLS

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Hafidz Muftisany
Tabare Ramos
Foto: tabramos.com
Tabare Ramos

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Di kancah sepak bola Eropa, nama TabarE Ramos mungkin tidak terlalu dikenal. Namun berbeda halnya di ajang liga sepak bola utama Amerika Serikat, MLS. Tab Ramos merupakan pemain pertama yang menandatangani kontrak bersama tim asal Major League Soccer.

Penandatanganan kontrak ini dilakukan tepat pada 3 Januari 1995, tepat setahun sebelum musim pertama Major League Soccer (MLS) bergulir. Namun kiprah Ramos di sepak bola Amerika sudah berlansung sejak lama.

Datang dari Uruguay kala masih berusia 11 tahun, Ramos memulai karier sepak bolanya sebagai salah satu pemain di tim asal kampus North Carolina University.

Aksinya pun membuat New Jersey Eagles tertarik merekrutnya pada 1988. Setahun kemudian, dia hijrah ke Miami Sharks. Kedua tim ini merupakan kontestan liga sepak bola Amerika Serikat.

Tidak hanya itu, Ramos juga menjadi salah satu pemain yang dikontrak secara eksklusif oleh Federasi Sepak Bola Amerika guna memperkuat timnas Amerika Serikat di gelaran Piala Dunia 1990. Sempat dipinjamkan ke beberapa klub Spanyol, Ramos akhirnya kembali ke Amerika Serikat pada 1995.

Peraih gelar pemain terbaik CONCACAF 1994 itu pun langsung mendapat penawaran kontrak dari salah satu kontestan MLS, Metrostars.

Ramos dipersiapkan untuk berlaga di kompetisi tertinggi sepak bola Amerika Serikat, MLS, yang saat itu tengah memasuki persiapan terakhir. Tepat pada 1996, liga perdana MLS akhirnya resmi digelar. Ramos tampil di laga pembuka.

Bermain selama delapan musim bersama Metrostars, Ramos akhinya memutuskan pensiun pada akhir tahun 2002. Pada 2005, Ramos masuk ke dalam National Soccer Hall of Fame atas kontribusinya membangun kompetisi sepak bola di Amerika Serikat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement