Sabtu 04 Jan 2014 14:44 WIB

Pelatih Hamburg: Tidak Penting Uji Coba di Indonesia

Rep: Satria Kartika/ Red: A.Syalaby Ichsan
Bert van Marwijk
Foto: AP
Bert van Marwijk

REPUBLIKA.CO.ID, HAMBURG -- Klub Bundesliga Hamburger SV dijadwalkan melakoni tur ke Indonesia dengan melakukan laga persahabatan melawan Arema Indonesia. Pelatih Bert van Marwijk ternyata tidak senang dengan keputusan manajemen terkait tur ini. 

Seperti dilansir Sky Sports, Jumat (3/1) petang waktu setempat, Van Marwijk merasa kunjungan ke Indonesia untuk mengisi jeda kompetisi musim dingin ini akan sangat menguras tenaga anak-anak asuhnya mengingat jauhnya jarak tempuh. 

Apalagi, setelahnya Rafael Van Der Vaart dan kawan-kawan akan langsung menjalani pemusatan latihan di Abu Dhabi. 

Meski secara pribadi tidak sepakat, mantan juru taktik tim nasional Belanda tersebut mencoba memahami alasan manajemen. Sebagai pelatih, ia tetap harus menjalankan kewajibannya untuk memberikan penampilan terbaik. 

"Tidak penting. Tapi kami akan berusaha optimal," Van Marwijk mengungkapkan. Pelatih berusia 61 tahun tersebut menyadari bahwa manajemen akan mendapatkan keuntungan finansial dari perjalanan ke Indonesia.

Hamburg dikabarkan bakal mendapat dana segar sebesar 500 ribu euro (sekitar rp 8 miliar) dari dua hari lawatannya ke Indonesia. "Bagaimana pun ini juga bagian dari permainan. Klub membutuhkan uang," tambah dia. 

Van Marwijk sebenarnya lebih senang Hamburg fokus untuk mematangkan permainan tim ketimbang melakukan tur. Apalagi, Hamburg saat ini masih tercecet di peringkat 14 klasemen Bundesliga dengan torehan 16 poin.

Hamburg berada dalam kondisi genting karena hanya unggul dua poin dari SC Freiburg yang menempati zona merah. "Kami belum mendapatkan poin yang kami inginkan. Kami harus bekerja lebih keras untuk itu," ujarnya. 

Rencananya, rombongan skuat Hamburg akan tiba di Jakarta pada Ahad (5/1). Van Marwijk dan Rafael Van Der Vaart dijadwalkan akan memberi keterangan pers terkait tur ini di salah satu hotel di Jakarta pada sore hari. Kemudian Hamburg akan melakoni laga eksibisi melawan Arema Indonesia pada Senin (6/1) di Stadion Kanjuruhan, Malang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement