Senin 06 Jan 2014 09:14 WIB

Kiper Roma: Juventus Kuat karena Sistem

Para pemain Juventus merayakan gol penalti Arturo Vidal ke gawang Palermo, di Turin, Italia, Ahad (5/5).
Foto: AP Photo/Luca Bruno
Para pemain Juventus merayakan gol penalti Arturo Vidal ke gawang Palermo, di Turin, Italia, Ahad (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Kiper AS Roma Morgan De Sanctis mengungkapkan alasan Juventus menjadi tim terkuat di Italia dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut mantan kiper Napoli itu rahasia kekuatan I Bianconeri dikarenakan sistem sepak bola Italia.

"Saya sudah mengatakan pekan ini bahwa sistem sepak bola Italia membuat Juventus lebih kuat dari yang lain," ujar kiper berusia 37 tahun itu seperti dilansir Football Italia.

"Dalam tiga tahun terakhir mereka bermain di stadion baru dan itu adalah sebuah keuntungan. Tidak diragukan lagi, hal itu juga menjadi keuntungan yang mereka (Juventus) miliki dibandingkan klub-klub lain untuk enam-tujuh tahun mendatang," tambah De Sanctis.

Hukum di Italia baru memperbolehkan klub-klub memiliki stadion sendiri beberapa tahun terakhir ini. Sejauh ini, baru Juventus yang bisa membangun stadion sendiri setelah bisa bersepakat dengan wali kota setempat.

Roma, Napoli, Cagliari, Palermo, dan Inter Milan sudah mencoba untuk membangun stadion sendiri. Akan tetapi sejauh ini mereka gagal. Sedangkan Udinese harnya bisa melakukan restrukturisasi terhadap stadion yang menjadi kandang mereka, Stadion Friuli.

Keberadaan Juventus Stadium telah terbukti meningkatkan pendapatan klub yang dimiliki Keluarga Agnelli itu. Dampaknya, mereka bisa mendatangkan pemain-pemain bagus tiap bursa transfer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement