Kamis 09 Jan 2014 15:43 WIB

Mantan Pemain Timnas Jerman Ini Mengaku Gay

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Thomas Hitzlsperger
Foto: independent.co.uk
Thomas Hitzlsperger

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Thomas Hitzlsperger, mantan pemain timnas Jerman kini menjadi pemain paling populer yang mengakui dirinya seorang gay. Mantan pemain Aston Villa, West Ham, dan Everton ini menyatakan statusnya itu dalam petikan wawancara di sebuah surat kabar Jerman, Die Zeit.

Di surat kabar yang diterbitkan Rabu waktu setempat, Hitzlsperger membahas tentang perdebatan homoseksualitas di kalangan profesional olahraga. Ia mengatakan, untuk mengakui dirinya seorang gay, Hitzlsperger menjalani proses yang panjang dan sulit.

"Dalam beberapa tahun terakhir, aku menyadari bahwa aku lebih suka hidup bersama dengan seorang pria," ujar Hitzlsperger, dilansir dari the Guardian, Kamis (9/1).

Di Inggris, Italia, dan Jerman, ujar Hitzlsperger, homoseksual bukan satu hal yang besar. Dia tidak masalah jika ada rekan-rekannya yang mengolok-olok gay di ruang ganti pakaian ketika mereka sesama pemain sedang berkumpul.

"Namun, tidak mudah bagiku untuk mendengarkan 20 orang laki-laki yang berkumpul dalam satu meha dan berlelucon tentang gay. Aku tidak masalah jika lelucon itu tidak terlalu menghina," katanya.

Hitzlsperger mewakili Jerman sebanyak 52 kali dalam perhelatan Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa. Hitzlsperger memenangkan Bundesliga dengan Stuttgart. Dia pensiun pada September 2013 setelah bermain dengan Lazio di Italia dan Wolfsburg.

Pada tahun lalu, mantan pemain Leeds United, Robbie Rogers juga memberanikan dirinya untuk mengakui bahwa dia seorang gay. Roggers mengumumkannya di websitenya. Bulan lalu, penyelam Inggris, Tom Daley juga mengumumkan jika dia mempunyai seorang pacar pria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement