Jumat 10 Jan 2014 09:23 WIB

Muat Peta Palestina, Klub Cile Dikecam Yahudi

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: Dewi Mardiani
Gambar peta tradisional Palestina di jersey resmi klub Cile, Deportivo Palestino.
Foto: worldbulletin.net
Gambar peta tradisional Palestina di jersey resmi klub Cile, Deportivo Palestino.

REPUBLIKA.CO.ID, SANTIAGO -- Satu tim sepak bola di Cile yang didirikan oleh para imigran Palestina pada 1920, Deportivo Palestino, menolak meminta maaf atas pemampangan peta tradisional Palestina di jersey resmi mereka.

Sebelumnya, peta yang muncul di kostum klub ini telah mendapat kecaman dari orang-orang Yahudi yang bermukim di negara Amerika Latin itu. Gambar peta yang ditampilkan di bagian belakang atau punggung baju para pemain klub tersebut merupakan Peta Palestina keseluruhan pada masa sebelum dikooptasi Zionis, termasuk Gaza, Tepi Barat, dan wilayah yang sekarang dianggap sebagai negara Israel.

Keberadaan gambar peta itu telah memicu kemarahan banyak orang Yahudi yang tinggal di Cile. Mereka pun menyerukan Deportivo Palestino untuk menghapus peta tersebut, di samping menekan asosiasi sepakbola nasional untuk menghukum tim yang kini bermain di Liga Divisi Primera Cile itu.

Di sisi lain, Federacion Palestina de Chile (sebuah organisasi yang mewakili 400 ribu orang Palestina yang menetap di Cile—Red) menepis kritik yang disampaikan komunitas Yahudi tersebut.

“Kami menolak kemunafikan mereka (orang-orang Yahudi) yang menyalahkan peta ini, tanpa membicarakan bagaimana bangsa mereka menduduki wilayah yang menjadi sumber sengketa,” demikian pernyataan organisasi itu, seperti dilansir dari World Bulletin, Jumat (10/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement