Jumat 10 Jan 2014 23:05 WIB

12 Pemain MU yang Dianggap Harus Pergi

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Mansyur Faqih
Manajer Manchester United, David Moyes
Foto: AP/Clint Hughes
Manajer Manchester United, David Moyes

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan pemain Manchester United Robbie Savage angkat bicara terkait keterpurukan the Red Devils. Khususnya di kompetisi domestik musim ini. 

Menurut Robbie seperti dilansir BBC, Jumat (10/1), United harus merogoh kurang lebih 200 juta pounds untuk membangun ulang skuat. Mantan pemain Leicester City itu juga menyebut 12 dari total 27 pemain yang telah ditampilkan David Moyes musim ini harus pergi.  

Siapa sajakah mereka? Untuk posisi penjaga gawang, Robbie menilai keberadaan duo David de Gea dan Anders Lindegaard sampai sejauh ini masih layak dipertahankan. Perubahan terbesar harus dilakukan di lini belakang.  

Menurut Robbie, Chris Smalling, Alexander Buttner, Fabio mau pun Rio Ferdinand harus pergi. Alasannya beragam.  

Untuk Smalling, Buttner dan Fabio, Robbie berpandangan ketiganya tidak sesuai dengan standar permainan United. Sedangkan untuk Ferdinand, Robbie menilai sudah selayaknya Ferdinand menjadi staf pelatih the Red Devils.  

Artinya, untuk lini belakang, Nemanja Vidic, kapten Patrice Evra, Rafael, Jonny Evans hingga Phil Jones layak dipertahankan. Khusus untuk Jones, Robbie menyebut posisi yang tepat harus segera ditentukan Moyes. Apakah Jones ditempatkan sebagai bek tengah atau gelandang bertahan.  

Di lini tengah, Robbie menilai hanya Michael Carrick, Darren Fletcher, Shinji Kagawa, Wilfried Zaha dan Adnan Januzaj yang layak dipertahankan. Sedangkan Antonio Valencia, Tom Cleverley, Anderson, Ashley Young, Nani dan Ryan Giggs, harus pergi.  

Khusus untuk Nani, Robbie mengaku terkejut pemain berpaspor Portugal itu mendapat perpanjangan kontrak selama lima tahun. "Nani inkonsisten dan harus pergi," ujar Robbie.

Sedangkan untuk lini depan, Robbie menilai Javier Henandez sudah selayaknya pergi. Chicarito, panggilannya, dinilai tidak konsisten bermain saat memulai laga sebagai starter.  

Ia kerap bermain lebih baik jika ditampilkan sebagai pemain pengganti. Keberadaan dua penyerang kelas dunia, Wayne Rooney dan Robin van Persie membuat Robbie masih meyakini kinerja lini depan. Pun dengan Danny Welbeck sebagai opsi alternatif yang layak dipertimbangkan Moyes.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement