Senin 13 Jan 2014 00:10 WIB

Jermain Defoe: Sudah Saatnya Meninggalkan Spurs

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Julkifli Marbun
Jermain Defoe
Foto: AP
Jermain Defoe

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Striker Tottenham Hotspur Jermain Defoe buka suara mengenai keputusannya meninggalkan Stadon White Hart Lane untuk hijrah ke klub Major League Soccer, Toronto FC. Meski terasa berat, Defoe merasa ini sebuah keputusan yang tepat.

Kontrak Defoe bersama Spurs tersisa satu musim. Pemain yang sudah mencetak 142 gol selama sembilan tahun dalam dua periode bersama Spurs tersebut,  menilai kemampuannya belum habis meskipun sudah menginjak usia 31 tahun.

Karena itu, Defoe mengaku tak perlu berpikir panjang ketika mendapat tawaran dari Toronto. "Di usia 31 tahun seperti ini, tawaran dari Toronto adalah sebuah kesempatan bagus buat saya dan keluarga. " kata Defoe seperti dilansir Sporting Life, Ahad (12/1).

Seorang pesepak bola, ujar dia, harus bisa menentukan keputusan ketika ada klub lain yang memberikan tawaran di saat kontrak bersama klub terakhir menyisakan satu musim. Kendati begitu, Defoe pun merasa berat karena ada begitu banyak cerita sepanjang perjalanannya bersama Spurs.

"Saya pun punya kedekatan dengan fans. Tapi inilah sepak bola yang pemainnya berubah-ubah setiap waktu. Ini adalah saat yang tepat meninggalkan Spurs," Defoe menambahkan.

Alasan utama Defoe meninggalkan Spurs dikabarkan karena ia ingin terus berada di skuat timnas Inggris sehingga bisa berlaga di Piala Dunia 2014. Maklum, Toronto bisa menjamin Defoe untuk bermain secara reguler ketimbang di Spurs.

Akan tetapi, Defoe membantah hal tersebut. Menurutnya, sudah tidak ada lagi hal yang perlu dibuktikannya agar ia bisa tetap terpilih di skuat the Three Lions. "Saya tidak khawatir dengan hal itu Saya hanya berusaha untuk terus bermain bola," tegas dia.

Mengenai keputusan pemanggilan pemain ke timnas Inggris, ia yakin pelatih Roy Hodgson sudah mengetahui bagaimana perjuangannya selama ini. Jika nantinya terpilih, Defoe dengan tegas menyatakan siap membela Inggris di Piala Dunia.

Spurs dan Toronto sebelumnya sudah sepakat terkait transfer Defoe. Spurs kabarnya sudah menerima kucuran dana sebesar delapan juta pound. Defoe bakal resmi angkat kaki dari Spurs setelah tanggal 28 Februari. Itu artinya, Defoe masih bisa menambah koleksi-koleksi golnya sebelum berganti kostum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement