Senin 13 Jan 2014 21:52 WIB

Persipura Ditahan Imbang Persiram Raja Ampat 2-2

Persiram Raja Ampat
Foto: ligaindonesia.co.id
Persiram Raja Ampat

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Tuan rumah Persipura Jayapura ditahan imbang 2-2 oleh Persiram Raja Ampat pada pertandingan terakhir Inter Island Cup 2014 zona Sulawesi-Papua di Stadion Mandala Jayapura, Papua, Senin malam.

Pada babak pertama anak asuh Jacksen F Tiago itu tertinggal dua gol lewat kaki Osas Saha, yang pertama menit ke 20. Gol penyerang Persiram Raja Ampat itu terbilang cantik, berupa tendangan lambung dari sisi kanan pertahanan Persipura Jayapura mengecoh kiper Yoo Jae Hoon yang salah antisipasi. Bola masuk ke tiang gawang jauh di sisi kiri.

Gol tersebut, menambah koleksi keberhasilan mantan pemain Persisam Samarinda menjadi enam gol, dan mengukuhkan dirinya sebagai top skor sementara zona Sulawesi-Papua.

Berselang dua menit kemudian kerja sama satu dua Osas Saha dan Moses Bango berhasil memperdayai kiper Yoo Jae Hoon. Mulanya Moses Bango yang lolos dari kawalan gelandang Persipura langsung membawa bola ke arah kiri pertahanan, kemudian memberikan umpan kepada Osas Saha.

Melihat Moses Bango yang berlari terus, Osas Saha kembalikan lagi kepada mantan pemain Persipura itu. Sekali sontekan, bola meluncur ke arah gawang, kiper Yoo Jae Hoon sempat menepis namun si kulit bundar tetap masuk ke dalam gawang. Skor 0-2 untuk Persiram Raja Ampat.

Merasa tertinggal pada menit-menit awal, Persipura terus berupaya melancarkan serangan lewat kaki Fery Pahabol, Titus Bonay dan Ian Louis Kabes. Tetapi serangan mereka selalu kandas di pertahanan belakang Persiram yang ketat atau bola hasil sontekan melebar ke kiri-kanan gawang.

Namun menit ke 43, terjadi sepak pojok untuk Persipura yang berujung kemelut di depan gawang Persiram Raja Ampat. Bola buangan salah satu pemain Persiram Raja Ampat jatuh ke kaki kapten tim Persipura Ian Louis Kabes, sekali kontrol, tendangan keras mendatar dari luar kotak penalti meluncur cepat ke arah kanan dalam gawang Persiram yang dikawal kiper Deny Marsel. Skor pun berubah 1-2 masih untuk keunggulan Persiram Raja Ampat.

Di tiga menit tambahan waktu babak pertama, Titus Bonay mendapatkan peluang emas tetapi bola hasil tendangannya masih ditangkap oleh kiper Persiram.

Pada babak kedua, Persipura Jayapura menggantikan Imanuel Wanggai dengan Isaac Wanggai, dengan harapan daya gedor semakin kuat. Terbukti Nelson Alom menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke 58. Gol ini tercipta berkat umpan Yustinus Pae dari sisi kiri pertahanan Persiram Raja Ampat.

Di menit ke 80 dan 88 Persipura menggantikan dua pemain sekaligus, yakni menarik Nelson Alom dan memasukan Ricky Kayame. Dan memasukkan Bokay Edy Foday menarik Lim Jum Sik keluar. Upaya ini ternyata tidak membuahkan hasil. Skor 2-2 tetap meskipun ada tambahan dua menit di babak kedua.

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengatakan tetap bersyukur dengan hasil tersebut. "Lolos tidak lolos, saya tetap bersyukur. Musim ini beda dengan musim sebelumnya. Intinya saya ingin melihat perkembangan pemain dan mengevalusinya nanti saat latihan," katanya.

Sementara itu pelatih Persiram Raja Ampat Gomes de Olivera mengaku bangga dengan anak asuhnya, meskipun baru berlatih pada pekan kemarin tetapi sudah terlihat padu. "Permainan tim sudah ada peningkatan. Besok kami berangkat ke Jakarta untuk persiapkan tim agar lebih baik lagi," katanya.

Dengan hasil ini, Persiram Raja Ampat telah mengumpulkan poin tujuh dari dua kali menang dan sekali imbang. Tim asal Sorong dan Raja Ampat Papua Barat itu lolos ke babak selanjutnya ditemani Perseru Serui dengan poin empat. Persipura Jayapura dinyatakan tidak lolos, karena kalah agregat gol dari Perseru Serui dalam pertandingan pertama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement