Rabu 15 Jan 2014 11:48 WIB

Matuidi: Kami Tidak Pernah Meragukan Diri Sendiri

Blaise Matuidi
Foto: Sky Sports
Blaise Matuidi

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Paris Saint Germain mencapai semifinal Piala Liga Prancis setelah menang 3-1 atas tuan rumah Bordeaux pada Selasa malam.

Javier Pastore, Adrien Rabiot, dan Blaise Matuidi menyumbang gol bagi juara bertahan Liga Prancis itu, sedangkan satu gol dari Andre Biyogo Poko sempat membawa Bordeaux menyamakan kedudukan pada babak kedua di Stade Chaban-Delmas.

Ini pertama kalinya PSG mencapai semifinal di turnamen apapun sejak konsorsium Qatar mengambil alih klub itu pada 2011, dan kemenangan ini menjaga mereka tetap di jalur untuk meraih tiga gelar di level domestik.

Matuidi mengatakan penampilan yang mereka perlihatkan mengindikasikan timnya mampu meraih hal tersebut.

"Malam ini ada banyak pemain kami yang belakangan ini jarang dimainkan," ucapnya.

"Mereka sama sekali tidak memperlihatkan hal tersebut sebab mereka bermain sangat baik, yang menunjukkan bahwa kami dapat menjadi penantang di semua kompetisi."

"Kekuatan kami adalah, bahwa kami tidak pernah meragukan diri sendiri, kami memiliki kepercayaan diri yang besar dalam diri kami namun itu tidak berlebihan, itu bagus."

Kemenangan ini dapat diraih meski pelatih Laurent Blanc mengistirahatkan sejumlah pemain utama, termasuk Thiago Motta, Matuidi, dan Edinson Cavani.

Bek tengah Brazil Marquinhos dimainkan sebagai bek kanan, sedangkan Zoumana Camara, Pastore, dan Jeremy Menez semuanya dimainkan saat PSG bertekad mengalahkan Bordeaux untuk ketiga kalinya pada musim ini.

Klub ibukota itu meraih kemenangan ketika kedua tim bertemu pada Champions Trophy sebagai pembuka musim, dan kemudian unggul 2-0 atas Bordeaux di liga pada September.

Di sini, Zlatan Ibrahimovic - yang baru saja mendapatkan Penghargaan Puskas untuk gol terbaik pada 2013 di markas FIFA di Zurich - mencetak gol pada menit ke-40 namun dianulir karena offside, dan kemudian melepaskan tendangan bebas yang melebar.

Namun tim tamu tetap mampu menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol, setelah Pastore mengonversi bola mendatar melintasi kotak penalti dari Lucas.

Blanc, yang memenangi Piala Liga dengan Bordeaux pada 2009, memasukkan Cavani untuk menggantikan Ibrahimovic saat turun minum, namun justru tuan rumah mampu menyamakan kedudukan saat babak kedua baru bergulir tiga menit.

Operan Marco Verratti membuat Rabiot berada dalam tekanan di area pertahanannya sendiri dan Poko mampu mencuri bola, mengecoh lawannya dan kemudian melakukan penyelesaian melewatu Salvatore Sirigu untuk merestorasi skor imbang.

Kiper tuan rumah Cedric Carrasso kemudian melakukan dua penyelamatan, menggagalkan upaya Menez dan tindak lanjut Lucas Digne terhadap bola yang membentur tiang gawang, namun Paris kembali unggul saat pertandingan tinggal menyisakan enam menit.

Pastore mencuri bola dari penguasaaan Landry N'Guemo di lini tengah dan melaju sebelum memberi umpan untuk dituntaskan Rabiot.

Tidak lama kemudian, Pastore dan Cavani berkombinasi untuk memberi umpan bagi pemain pengganti Matuidi, yang dengan apik menuntaskan serangan melewati Carrasso untuk memastikan keunggulan timnya.

Tiga pertandingan perempat final lainnya akan dimainkan pada Rabu, di mana Nantes menjamu Nice, tim strata kedua Troyes menghadapi Evian, an Lyon bermain melawan Marseille, yang memenangi Piala Liga selama tiga tahun beruntun sejak 2010 sampai 2012.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement