Rabu 15 Jan 2014 13:03 WIB

DC United Rekrut Bek Berpengalaman MLS

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Mansyur Faqih
Skuat DC United berpose jelang laga melawan Arema Cronous di Stadion Kanjuruhan Malang, Ahad (8/12)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Skuat DC United berpose jelang laga melawan Arema Cronous di Stadion Kanjuruhan Malang, Ahad (8/12)

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- DC United tak ingin kegagalan di musim lalu terulang. Tim berjuluk Black and Red terus berupaya memperkuat skuat agar bisa berbicara lebih banyak di kompetisi Major League Soccer (MLS) musim 2014. 

Musim lalu, DC United terpuruk di peringkat 10 alias posisi buncit klasemen akhir wilayah timur MLS dengan torehan 16 poin. Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah rapuhnya barisan pertahanan. Tim asuhan Ben Olsen kebobolan 59 gol dalam 34 pertandingan. Rinciannya 29 gol saat berlaga di kandang, dan 30 gol pada laga tandang. 

Karenanya, DC United memutuskan melepas bek muda berusia 23 tahun, Ethan White untuk ditukar dengan pemain berpengalaman milik Philadelphia Union, Jeff Parke. Kehadiran Parke yang sudah banyak makan asam garam di kompetisi MLS diyakini dapat memberikan kontribusi tinggi bagi DC United. 

"Ini menjadi proritas kami untuk memperkuat tembok pertahanan sebelum memulai kompetisi. Dengan adanya Parke, kami memiliki pilihan pemain starter berpengalaman di barisan belakang," ungkap Manajer Umum DC United, Dave Kasper seperti dilansir laman resmi klub, Selasa (14/1). 

Parke, ujar Dave, tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Parke tercatat sudah bermain sebanyak 241 pertandingan dengan menjadi starter sebenyak 234 kali di MLS dengan berbagai klub berbeda sepanjang perjalanan kariernya. Prestasi tertinggi Parke adalah membawa New York Red Bulls menjadi runner-up MLS pada 2008 serta dua kali meraih trofi Piala Amerika Terbuka bersama Seattle Sounders pada 2010 dan 2011. 

Parke akan berkolaborasi bersama Bobby Boswell di lini belakang. Boswell yang juga merupakan pemain veteran baru saja direkrut DC United dari Houston Dynamo pada Desember 2013. Boswell yang kini berusia 30 tahun sebelumnya pernah memperkuat DC United pada musim 2005-2007. 

Dave Kasper yakin lini belakang tim akan solid meski pun kedua pemain tersebut usianya sudah berkepala tiga. "Lini belakang adalah posisi yang membutuhkan pemain berpengalaman dan memiliki intelegensi. Keduanya pemain yang tetap hebat di usianya," ujar Dave kepada Washington Post. 

Dave tak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada Ethan White atas kontribusinya selama ini. Apalagi White merupakan pemain jebolan akademi DC United sebelum akhirnya bisa menembus skuat utama sejak 14 Desember 2010. 

"Sangat menyenangkan bisa melihat White berkembang bersama akademi kami dan juga bersama tim utama. Kami berharap ia bisa meraih kesuksesan di masa depan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement