Selasa 21 Jan 2014 15:08 WIB

Penghargaan Tertinggi untuk CR7

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Julkifli Marbun
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA/Pontus Lundahl
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, LISABON -- Berbagai prestasi dan rekor pribadi yang ditorehkan Cristiano Ronaldo membuat pemerintah Portugal terkesima. Apalagi, ia baru saja mendapat Ballon d’Or 2013 atau kedua kalinya setelah 2008. Sebagai apresiasi, Presiden Portugal Anibal Cavaco Silva memberikan Order of Prince Henry kepada CR7.

 

Penghargaan tersebut merupakan yang tertinggi diberikan kepada warga negara. Silva melakukan pengalungan medali dan pita kepada Ronaldo di Istana Presiden di Lisabon pada Senin (20/1) malam waktu setempat. Jadwal penganugerahan sebenarnya dilakukan pada 7 Januari lalu, namun ditunda lantaran kematian legenda Selecao, Eusebio.

 

Silva menjelaskan alasan mengapa kapten timnas Portugal tersebut layak menerima penghargaan utama di negaranya itu. “Keputusan Presiden, yang dimaksudkan untuk mengenali seorang atlet terkenal secara internasional, yang merupakan simbol dari Portugal di seluruh dunia, yang memberikan kontribusi untuk profil internasional negara dan merupakan contoh kegigihan untuk generasi muda,” kata Silva, dilansir laman resmi Real Madrid, Selasa (21/1).

 

Menurut dia, kontribusi Ronaldo dalam mengharumkan negaranya sangat besar. “Setelah mengingat Eusebio, hari ini kita dengan olahragawan besar lain yang di dunia sepak bola telah terpilih sebagai pemain terbaik di dunia untuk kedua kalinya,” ujarnya. “Seorang warga negara Portugis yang dikenal di seluruh dunia lebih dari yang lain dan yang membawa kehormatan untuk nama Portugal.”

 

Ronaldo merasa bangga dengan penghargaan yang diterimanya. “Saya berharap untuk terus memenangkan piala besar untuk sisa karier saya,” katanya. “Memenangkan Piala Dunia  adalah mimpi dan akan menjadi momen terbesar dalam karier saya. Saya harap saya bisa memenangkan Piala Dunia atau Piala Eropa dengan Portugal suatu hari.”

 

Mantan pemain Manchester United itu ingin terus mengukir prestasi pribadi maupun tim. “Tujuan saya adalah untuk memenangkan penghargaan individu dan piala tim. Saya ingin tercatat dalam sejarah sepak bola.”

 

Katia Aveiro merasa adiknya pantas menerima atas segala pencapaiannya bersama timnas dan klub. “Dia memberikan dukungan emosional bagi klubnya dan keluarga. Dia seorang pemimpin,” kata Aveiro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement