Kamis 23 Jan 2014 11:49 WIB

Fans Athletic Bilbao Bantah Pengaruhi Komisi Eropa

Pemain Athletic Bilbao melakukan selebrasi usai menjebol gawang lawan.
Foto: Reuters/Vincent West
Pemain Athletic Bilbao melakukan selebrasi usai menjebol gawang lawan.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Joaquin Almunia, anggota Komisi Eropa (EC) yang merupakan fans Athletic Bilbao, membantah bahwa dia menyarankan EC agar jangan menginvestigasi Bilbao terkait pembangunan Stadion San Mames.

Athletic Bilbao bersama enam klub Spanyol lainnya, termasuk Real Madrid dan Barcelona, dalam investigas EC terkait adanya penyalahgunaan dana publik dan manipulasi pembayaran pajak.

Khusus Athletic Bilbao, EC menginvestigasi terkait dugaan bahwa klub tersebut membangun stadion dengan menggunakan uang rakyat.

Bilbao bersama Madrid, Barcelona dan Osasuna juga dituding melakukan penggelapan pajak dengan status mereka sebagai organisasi non-profit. Dengan status tersebut, mereka hanya membayar pajak 25 persen atau lebih kecil 5 persen dari klub Spanyol lainnya yang berstatus persero.

Anggota Ombudsman Eropa, Emily O’Reilly, khawatir Komisi Eropa tidak bisa bertindak tegas menginvestigasi Athletic Bilbao lantaran vice president Komisi Eropa yakni Almunia merupakan suporter fanantik klub tersebut.

O'Reilly khawatir Almunia tidak bisa menjalankan tugasnya karena ada konflik kepentingan. Namun, seperti dikutip situs Espnfc, Almunia membantah kekhawatiran O'Reilly tersebut.

''Kami suporter Athletic Bilbao sangat bangga memiliki stadion baru San Mames,'' kata Almunia kepada harian El Correo. ''Tapi, jika ada dugaan penggunaan uang negara dalam pembangunan stadion tersebut, maka kami pasti akan melakukan investigasi meski saya adalah seorang suporter Athletic.''

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement