Kamis 23 Jan 2014 17:58 WIB

Selangkah Lagi Mata Jadi Milik United

Rep: reja irfa widodo/ Red: Damanhuri Zuhri
Juan Mata
Foto: chelseafc.com
Juan Mata

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Absennya Juan Mata di sesi latihan reguler Chelsea di kompleks latihan Cobham, London, Rabu (23/1) pagi waktu setempat, kian menguatkan rumor soal kepindahan gelandang serang asal Spanyol itu ke Manchester United.

Sejumlah media Inggris menyebut Chelsea telah menyetujui sodoran nilai transfer sebesar 37 juta pound demi bisa menebus eks pemain Valencia itu dari Stamford Bridge.

Media terkemuka Inggris, BBC, bahkan dengan sangat yakin menyebut, Mata tinggal selangkah lagi menjadi pemain anyar juara Liga Primer Inggris musim lalu tersebut.

Kabarnya, gelandang serang berusia 25 tahun itu tinggal menjalani tes medis guna melengkapi kepindahannya ke Stadion Old Trafford. Mata akan menjalani tes medis selambat-lambatnya pada Kamis (23/1) waktu setempat.

Selain itu, Mata kabarnya juga telah mengucapkan selamat tinggal kepada rekan-rekan setimnya di Chelsea. Di United, Mata disebut-sebut bakal mendatangani kontrak selama empat setengah tahun. Selain itu, Mata juga berpotensi menjadi pemain termahal yang didatangkan United.

Dengan nilai transfer mencapai 37 juta pound, nilai transfer Mata bakal melewat nilai transfer yang dikeluarkan Iblis Merah dalam mendatangkan Dimitar Berbatov dari Tottenham Hotspur pada September 2008 silam, yang mencapai 30,7 juta pound.

Setelah mengalami start terburuk di Liga Primer Inggris dalam 24 tahun terakhir, United memang tengah membutuhkan suntikan pemain baru yang mampu membawa nuansa baru dalam permainan United.

Sebelumnya, pelatih Manchester United, David Moyes, pun sempat mengungkapkan rencana penguatan timnya pada bursa transfer musim dingin Januari kali ini.

''Kami tidak akan menunggu hingga bursa transfer musim panas mendatang. Jika kami bisa melakukan bisnis yang bagus pada musim dingin kali ini, kami akan segera melakukannya. Tapi saya tidak akan menjelaskan standard kualitas pemain yang dibutuhkan tim ini,'' kata Moyes seperti dikutip BBC.

Mata memang dianggap sosok yang tepat untuk United pada musim ini. Tidak hanya mampu bermain sebagai penyuplai umpan buat para penyerang-penyerang United, Mata juga dianggap piawai dalam mencetak gol.

Walau jarang mendapatkan kesempatan turun di Liga Primer Inggris, tapi mantan pemain terbaik Chelsea dalam dua musim terakhir itu tetap mampu mencetak satu gol dalam 17 laga.

Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, pun mengakui, Mata mungkin tidak cocok dengan sistem dan gaya permainan yang diterapkannya di Chelsea. Namun, bukan tidak mungkin, gelandang timnas Spanyol bisa memberikan kontribusi maksimal buat United.

''Dia adalah pemain yang fantastis. Tapi pemain fantastis belum tentu cocok di sebuah sistem, tapi bisa sangat cocok di sistem permainan yang lain. Selain itu, Mata adalah model pemain luar biasa yang terus berusaha semaksimal mungkin untuk bisa beradaptasi,'' tutur Mourinho dalam sebuah wawancara khusus dengan BBC.

Mata datang ke Chelsea pada 2011 silam dari Valencia. The Blues pun harus membayar sebesar 23,5 juta pound demi bisa mendapatkan tanda tangan Mata.

Tampil apik di dua musim terakhir, Mata justru jarang mendapat kesempatan tampil di lini tengah the Blues menyusul kedatangan Jose Mourinho pada awal musim ini. Pelatih asal Portugal itu lebih memilih menurunkan Oscar, Willian, dan Eden Hazard sebagai gelandang serang, yang berada di belakang satu penyerang.

Klasemen Liga Inggris 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement